Sukses


11 Cara Jitu agar Anak Gemar Membaca Buku

Bola.com, Jakarta - Cara anak agar gemar membaca patut menjadi perhatian para orang tua. Pasalnya, di zaman teknologi pesat seperti sekarang, anak-anak cenderung tidak lagi tertarik untuk membaca dan lebih menyukai bermain media sosial atau game online.

Padahal, seperti diketahui, membaca memiliki segudang manfaat. Pepatah 'membaca adalah jendela dunia' masih sangat relevan. Ya, dengan membaca, wawasan seorang akan bertambah. Cara berpikir seseorang juga akan makin luas.

Itulah mengapa, para orang tua sebisa mungkin mengajarkan untuk membaca kepada si kecil sejak dini. Hal ini mungkin akan menjadi tantangan, namun demi kebaikan sang anak, perlu diupayakan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan dan membiasakan anak untuk membaca. Pastinya, hal ini harus dimulai dari diri Anda sendiri, para orang tua, karena anak akan melihat orang tua sebagai contoh.

Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan agar anak gemar membaca buku, seperti dikutip dari Healthychildren, Rabu (27/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara agar Anak Gemar Membaca Buku

1. Beri Contoh

Jika anak-anak melihat Anda membaca, mereka akan cenderung meniru dan mereka akan ikut membaca buku yang mereka sukai.

2. Membaca Bersama sebelum Tidur

Dapatkan waktu berkualitas bersama di pengujung hari. Membaca dengan suara keras membantu anak-anak menghidupkan cerita. Bicarakan tentang apa yang Anda baca bersamanya.

Ajukan pertanyaan seperti, "Menurut kamu apa yang akan terjadi selanjutnya?" Dalam beberapa malam selanjutnya, Anda dapat mengubah kebiasaan dengan bergantian meminta anak Anda untuk membacakan cerita buat Anda. 

3. Miliki Kartu Perpustakaan

Sebagian besar komunitas menawarkan akses perpustakaan gratis. Beberapa perpustakaan memiliki program membaca dengan permainan dan hadiah untuk membuat anak-anak tetap sibuk saat sekolah libur. 

3 dari 4 halaman

Cara agar Anak Gemar Membaca Buku

4. Baca Apa yang Mereka Baca

Ikuti minat mereka dengan mengikuti apa yang dibaca anak-anak Anda. Hal ini membuatnya lebih menyenangkan dan memberi Anda sesuatu yang menyenangkan untuk dibicarakan bersama.

5. Selingi dengan Kegiatan

Anda bisa memberikan waktu untuk anak membaca buku melalui e-book atau membaca cerita secara virtual. Hal ini untuk menghindari kejenuhan membaca buku dengan cara yang sama berulang-ulang.

6. Semua Bacaan adalah Bacaan yang Baik

Biarkan anak-anak tahu bahwa membaca itu bagus, apa pun yang mereka minati. Apa pun bisa: fiksi, biografi, majalah anak-anak, buku komik, atau bahkan membaca buku masak di dapur!

7. Ciptakan sudut baca

Area nyaman dan nyaman di rumah Anda dapat diubah menjadi "zona membaca" keluarga. Cukup tambahkan selimut, bantal, kursi yang nyaman, dan jendela atau lampu!

4 dari 4 halaman

Cara agar Anak Gemar Membaca Buku

8. Baca bersama Teman

Klub buku dengan teman-teman dapat memberi anak-anak cara untuk berbagi dan belajar tentang pandangan yang berbeda. Jika protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 mengizinkan, temukan area terbuka untuk pertemuan untuk anak-anak Anda.

Anak-anak dapat berbicara tentang sebuah buku, karakter favorit mereka, atau bagaimana mereka berpikir bahwa buku itu bisa berakhir secara berbeda bersama teman-temannya.

9. Taruh Buku di Tempat Terdekat

Jika selalu ada buku dalam jangkauan, anak-anak akan lebih mungkin untuk mengambilnya dan membaca, bahkan untuk beberapa menit setiap kalinya.

10. Bepergian dengan Bahan Bacaan

Bawa buku saat naik mobil, misalnya, atau menunggu dokter. Buku adalah pilihan yang bagus daripada tablet atau smartphone.

11. Minta Kerabat atau Teman Memberi Hadiah Buku

Teman dan keluarga dapat memberikan hadiah buku untuk ulang tahun atau liburan. Saat memberikan hadiah tersebut, mintalah si pemberi untuk  menulis pesan di dalam sampul buku. Anak Anda dapat menghargai buku dan pesan dari orang yang dicintai selama bertahun-tahun yang akan datang.

 

Sumber: Healthychildren

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer