Sukses


Cara Aman Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

Bola.com, Jakarta - Diet merupakan satu di antara cara untuk menurunkan berat badan. Namun, beberapa orang gagal mempertahankan berat badan yang diinginkan setelah program diet selesai.

Sudah menjadi rahasia umum, orang yang berhasil dengan program diet akan mengalami kondisi yoyo. Kondisi tersebut adalah kembalinya berat badan ke kondisi sebelum diet.

Kejadian ini terjadi karena orang yang berhasil diet, gagal menjaga ritme dan pola makan setelah sukses menurunkan berat badan.

Setelah diet berhasil, tetap jaga pola hidup Anda dengan baik. Kunci utamanya adalah penerapan gaya hidup sehat dan olahraga teratur.

Itulah mengapa, Anda perlu menemukan cara mempertahankan berat badan setelah diet. Ada berbagai cara yang bisa Anda coba agar berat badan tetap atau tidak berubah pasca diet.

Berikut cara aman mempertahankan berat badan setelah diet, dilansir dari Klikdokter, Jumat (29/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Aman Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

1. Mengubah Tujuan Diet

Diet yang benar bukan sekadar mengecilkan lingkar perut dan pinggang. Anda juga harus mengubah keseluruhan gaya hidup menjadi lebih sehat. Jika ini yang dijalani, berat badan akan terjaga dengan sendirinya.

2. Hindari Diet Instan

Ingat, diet instan tidak akan memberikan hasil yang baik dan optimal. Ikuti aturan diet yang tepat dengan cara menyeimbangkan nutrisi dan berolahraga teratur.

3. Motivasi Diri Sendiri

Akhir pekan atau liburan sering kali menjadi pembenaran bagi orang untuk makan tidak sehat atau makan sepuasnya.

Semangati diri Anda agar tidak kembali kepada pola hidup yang lama, misalnya dengan menempelkan sticky notes berisi motivasi di dompet, meja makan, atau meja kantor. Ingatlah perjuangan yang telah Anda lewati hingga tahap ini.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

4. Timbang Berat Badan secara Berkala

Jangan buru-buru membenci timbangan Anda. Menimbang berat badan secara berkala berguna untuk meningkatkan kontrol diri, terutama jika Anda sedang ingin menyantap makanan tidak sehat. Alhasil, Anda dapat mengerem keinginan-keinginan sesaat yang dapat melambungkan berat badan.

5. Waspada terhadap Stres

Stres dapat mengacaukan metode diet Anda. Sebab, ketika Anda sedang dalam keadaan tertekan, tidak jarang keinginan makan makin bertambah.

Untuk mengatasi stres, Anda perlu membuat pikiran kembali segar dengan melakukan hobi, berlibur, curhat dengan orang-orang terdekat, meditasi, atau bahkan berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater.

6. Menghitung Kalori Harian

Cara lain untuk menjaga berat badan adalah dengan menghitung kalori harian secara teratur. Menurut survei pengendalian berat badan, para wanita yang berhasil diet adalah yang sukses mengonsumsi kurang dari 1.800 kalori sehari dan membatasi asupan lemak.

7. Sarapan

Penelitian mengatakan, wanita yang rutin sarapan akan lebih berhasil menurunkan berat badan dalam jangka panjang dibandingkan mereka yang tidak sarapan.

Contoh pilihan sarapan yang baik yaitu oatmeal, yoghurt, dan buah segar. Mulailah hari dengan sarapan untuk menghindari makan siang yang berlebihan.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

8. Membangun Otot

Pertahankan metabolisme yang baik dengan membangun otot tubuh Anda. Otot mempunyai metabolisme yang lebih tinggi daripada lemak. Mulailah berlatih dengan beban sebagai olahraga harian.

9. Rutin Berolahraga

Menurut para ahli, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu dapat menjadi cara untuk mempertahankan berat badan setelah diet.

Makin banyak berolahraga, makin baik Anda mempertahankan berat badan. Usahakan untuk setidaknya melakukan aktivitas fisik sehari-hari, seperti berjalan, naik tangga, jogging, dan lain-lain.

10. Perhatikan Jenis Karbohidrat yang Dikonsumsi

Makan terlalu banyak produk karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan jus buah dapat merusak rencana diet Anda. Sebab, makanan tersebut telah kehilangan serat alaminya.

Diet rendah serat dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Membatasi asupan karbohidrat dapat membantu mempertahankan penurunan berat badan.

Penurunan berat badan yang baik rata-rata adalah 0.5–1 kg per minggu. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter mengenai kondisi Anda sebelum memilih metode diet yang tepat.

 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/4/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer