Sukses


Daftar Makanan Sehat untuk Membantu Perkembangan Otak pada Anak

Bola.com, Jakarta - Berbagai makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak harus diperhatikan secara khusus oleh orang tua karena apa pun yang dikonsumsi si kecil bisa  berpengaruh pada masa pertumbuhan, terutama perkembangan otak.

Semisal, anak harus dihindarkan dari makanan yang banyak mengandung MSG karena kandungan ini bisa menganggu proses pertumbuhan otak.

Anda sebagai orang tua bisa menggantinya dengan berbagai makanan sehat yang kaya nutrisi dan efektif untuk menyehatkan kondisi otak.

Kondisi otak yang sehat memengaruhi tingkat kecerdasan anak Anda. Daya tangkap serta daya ingat otak anak pun menjadi lebih tajam jika diberi asupan makanan bernutrisi.

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan anak pada masa pertumbuhan, seperti omega-3, protein, berbagai jenis vitamin, dan lemak sehat.

Lantas, apa saja makanan yang bisa membantu perkembangan otak pada anak dan bisa dikonsumsi setiap saat?

Berikut daftar makanan sehat yang efektif untuk membantu pertumbuhan otak pada anak, seperti dilansir dari Klikdokter, Kamis (4/11/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Sehat yang Ampuh untuk Membantu Perkembangan Otak Pada Anak

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung protein berkualitas tinggi serta omega 3 yang penting untuk pertumbuhan otak si Kecil.

Ikan berlemak ini juga sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Misalnya, salmon disuguhkan dalam bubur MPASI pada bayi atau diolah dengan cara lain sesuai selera anak.

2. Ikan Kembung

Tidak hanya ikan salmon, ikan laut lokal seperti ikan kembung juga mengandung omega-3 yang tinggi. Selain harganya lebih terjangkau, ikan kembung lebih mudah didapatkan di Indonesia. 

Jenis ikan lain, seperti tuna, tongkol, dan sarden, juga mengandung kadar omega 3 yang tinggi sehingga baik diberikan untuk anak.

3. Ayam dan Hati Ayam

Ayam mengandung kadar protein hewani yang tinggi dan penting untuk pertumbuhan anak, termasuk perkembangan otak. Selain dagingnya, hati ayam penting diberikan karena punya kadar zat besi yang tinggi.

Anda bisa mencampurkan dada ayam atau hati ayam ke dalam masakan yang disiapkan untuk buah hati.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Sehat yang Ampuh untuk Membantu Perkembangan Otak Pada Anak

4. Daging Merah 

Makanan untuk kecerdasan otak anak berikutnya adalah daging merah. Sumber protein ini kaya zat besi yang juga penting untuk pertumbuhan otak si kecil.

Olahan dan resep makanan untuk kecerdasan otak anak ini sangat bervariasi. Misalnya, daging merah dikukus atau direbus, lalu dipotong kecil-kecil. Sajikan sesuai selera buah hati Anda.

Sebaiknya, pilih daging segar dibandingkan daging olahan, seperti sosis atau ham, untuk nutrisi yang lebih maksimal.

5. Susu

Tidak hanya mengandung protein dan lemak, susu mengandung berbagai vitamin yang dapat menunjang pertumbuhan si kecil, termasuk otak.

Pada bayi, tentunya ASI adalah pilihan utama hingga mereka berusia enam bulan. Selanjutnya, ASI diberikan bersama MPASI hingga dua tahun. Susu UHT bisa mulai diberikan sejak anak berusia satu tahun. 

Setelah usia dua tahun, konsumsi susu 1-2 gelas sehari tetap diperlukan Anak sebagai asupan nutrisi.

6. Minyak Ikan 

Minyak ikan penting karena mengandung berbagai nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan otak, seperti omega 3 dan vitamin A. Untuk itu, minyak ikan dapat menjadi satu di antara pilihan bagi para orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh cerdas.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Sehat yang Ampuh untuk Membantu Perkembangan Otak Pada Anak

7. Telur 

Putih telur mengandung kadar protein yang tinggi, sementara kuning telur mengandung lemak dan omega 3 untuk pertumbuhan otak. Inilah alasan telur menjadi satu di antara pilihan makanan untuk kecerdasan otak anak. 

8. Berbagai Minyak Nabati

Pada usia dua tahun ke bawah, lemak diperlukan anak untuk pertumbuhan otak. Pada usia ini, komposisi lemak dalam makanan dapat mencapai 35-50 persen dari total kalori anak.

Berbagai minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak biji bunga matahari dapat ditambahkan dalam MPASI bayi untuk mencukupi kebutuhan lemaknya.

9. Gandum

Gandum menjadi makanan yang ampuh membantu perkembangan otak anak. Di dalamnya mengandung vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral yang mampu meningkatkan kinerja otak si kecil. Gandum juga memiliki kandungan rendah lemak dan tinggi serat.

10. Lemak Hewani

Tidak hanya lemak nabati, lemak hewani juga dapat ditambahkan dalam MPASI, misalnya butter dan lemak daging.

Tentunya konsumsi lemak ini perlu melihat kondisi gizi anak. Untuk anak yang mengalami gizi lebih atau obesitas, konsumsi makanan yang mengandung lemak ini perlu dibatasi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 5/1/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer