Sukses


5 Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget dengan Bijak

Bola.com, Jakarta - Gadget merupakan benda yang tak bisa dilepaskan dari manusia di era modern. Kondisi tersebut membuat manusia menjadi kecanduan dan sangat ketergantungan.

Bukan hanya orang dewasa, kecanduan gadget sudah mulai menyerang anak-anak. Hal ini satu di antaranya lantaran para orang tua sudah mulai memberikan gadget sedari kecil, semisal agar si kecil tidak rewel.

Padahal, memberikan gadget kepada anak bisa menjadi pedang bermata dua. Jika tak dikontrol dengan benar, sang anak akan kecanduan dan menganggu tumbuh kembangnya.

Bahkan sudah banyak anak-anak yang mengalami masalah penglihatan karena terlalu lama bermain gadget. Itulah mengapa, orang tua perlu menyiasati kondisi ini dengan bijak.

Berikut cara mencegah anak kecanduan gadget dengan bijak, dinukil dari Firstcryparenting, Kamis (4/11/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

1. Berikan Contoh Langsung

Anak-anak akan selalu mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya, bukan apa yang dikatakan orang tuanya. Jika mereka melihat Anda menghabiskan banyak waktu di gadget, mereka akan melakukan hal yang sama.

Maka itu, dengan memberi contoh dan fokus pada menumbuhkan kebiasaan sehat untuk diri sendiri (seperti membaca, bersepeda, dan lain-lain) untuk mendorong anak-anak Anda mengikuti kebiasaan yang sama.

Paling tidak, cobalah untuk batasi waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan gadget (khususnya ponsel) saat berada di dekat anak Anda.

2. Berikan Aturan Ketat

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, Anda perlu memastikan anak Anda memiliki gaya hidup dan kebiasaan yang sehat. Buat keputusan dan tegaskan Anda untuk membatasi kebiasaan tidak sehat seperti terlalu banyak menonton TV atau komputer, tidak peduli permohonan dan bujukan.

Pastikan untuk menjelaskan kepada mereka alasan di balik keputusan Anda.

Aturan praktis yang baik adalah 'no screen-time; untuk anak-anak di bawah 18 bulan, dan satu jam per hari untuk anak-anak antara 2-5 tahun. Di luar ini, cobalah dan batasi waktu layar sebanyak mungkin (terutama media digital) dan jangan biarkan melebihi 2-3 jam per hari secara maksimal.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

3. Sibukkan Anak dalam Kegiatan Lain

Untuk membatasi kecanduan gadget, penting untuk menggunakan energi anak Anda yang membangkitkan rasa ingin tahu mereka. Sibukkan anak Anda dalam kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca dengan suara keras, olahraga, melatih seni dan kreativitas, dan sebagainya.

4. Batasi Jumlah Gadget di Rumah

Saat membeli gadget, coba dan batasi jumlah total gadget di rumah dengan mempertimbangkan kegunaan dan keterjangkauan. Anak-anak tidak terlalu membutuhkan versi terbaru dari setiap game atau laptop.

Cobalah dan tegas dengan ini sejak awal, dan juga untuk diri Anda sendiri. Coba juga batasi jumlah gadget yang terlihat di rumah.

5. Berikan Pujian

Terakhir, penting untuk memuji upaya anak Anda ketika ia berusaha memprioritaskan aktivitas lain daripada bermain gadget, atas kemauannya sendiri. Memuji perilaku positif akan mendorong anak Anda untuk terus melakukannya.

 

Sumber: Firstcryparenting

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer