Sukses


Cara Ubah Data Diri di Aplikasi PeduliLindungi Lewat WhatsApp, Gampang Banget

Bola.com, Jakarta - Saat ini masyarakat bisa melakukan mengubah data diri pada aplikasi PeduliLindungi melalui fitur chatbot WhatsApp.

Fitur chatbot WhatsApp berguna demi mempercepat respons pengaduan dari masyarakat terkait sertifikat vaksinasi COVID-19 yang biasanya dilakukan melalui email maupun call center 119.

"Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri," ujar Kunta Wibawa Dasa Nugraha, Sekjen Kemenkes, dikutip dari laman resmi kemkes.go.id.

Seperti diketahui, setelah menerima dosis, masyarakat akan memperoleh sertifikat vaksinasi COVID-19. Sertifikat vaksinasi COVID-19 menjadi syarat wajib untuk mengakses sejumlah fasilitas publik.

Meski begitu, terkadang terdapat kesalahan data di sertifikat vaksinasi COVID-19. Lantas, bagaimana langkah yang harus dilakukan?

Berikut ini panduan cara mengubah data diri di aplikasi PeduliLindungil ewat WhatsApp, seperti dilansir dari laman Indonesiabaik, Jumat (19/11/2021).

2 dari 2 halaman

Cara Ubah Data Diri Lewat WhatsApp Aplikasi Pedulilindungi

- Untuk mengubah data diri, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Pengguna masuk ke aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone.
  • Hubungi nomor chatbot WhatsApp Sertifikat PeduliLindungi pada nomor 081110500567, dengan nama Kemenkes RI bercentang hijau.
  • Selanjutnya akan keluar tulisan "Selamat Datang di WhatsApp Resmi Kemenkes RI" Untuk memulai, klik Menu Utama dan pilih layanan.
  • Pada pilihan "Menu Utama", pilih "Sertifikat Vaksin".
  • Masukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, kemudian klik Kirim.
  • Setelah itu, input 6 Digit OTP yang dikirim ke smartphone dan masukkan kode OTP yang diterima.
  • Untuk melakukan pembaruan, klik Ubah Data Diri, dan selanjutnya akan diminta memasukan nama pada sertifikat vaksinasi COVID-19 agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

 

Sumber: indonesiabaik.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer