Sukses


Macam-Macam Bentuk Globalisasi, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Globalisasi adalah integrasi manusia dengan segala aspek kehidupan ke dalam satu kesatuan masyarakat yang sempurna dan lebih besar.

Kata globalisasi berasal dari kata 'global' yang artinya dunia dan 'lization' yang artinya proses. Secara bahasa, arti globalisasi adalah suatu proses yang mendunia.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Globalisasi diartikan meluasnya pengaruh kebudayaan maupun ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi juga telah melanda berbagai bidang kehidupan manusia.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam bentuk globalisasiyang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (2/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Globalisasi Bidang IPTEK

Kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi kekuatan utama dalam mempercepat terjadinya globalisasi.

Globalisasi dalam bidang IPTEK bisa berbentuk informasi, pengetahuan, teknologi, dan komputerisasi yang menyebar ke seluruh belahan dunia.

Kemajuan dalam bidang IPTEK menjadikan interaksi antarmanusia dengan manusia lain lebih mudah dan seakan-akan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Dengan berbagai perangkat elektronik dan pengetahuannya, seseorang bisa dengan mudah menjalin hubungan, meski terpisah oleh jarak dan waktu.

Kemudahan akses informasi di era globalisasi juga bermanfat dalam bidang pendidikan. Seseorang bisa mencari informasi tentang apa pun berkaitan dengan materi pembelajaran.

Hal itu berarti dengan adanya teknologi, seseorang bisa dengan mudah mengakses informasi maupun pengetahuan umum yang ada di seluruh belahan dunia.

3 dari 6 halaman

Globalisasi Bidang Ekonomi

Satu di antara contoh globalisasi dalam bidang ekonomi ialah mudahnya melakukan transaksi dan jual beli tanpa pergi ke toko. 

Secara umum, globalisasi dalam bidang ekonomi merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan di seluruh dunia. Hal tersebut menjadi satu kesatuan pasar secara bebas dan terbuka tanpa adanya batas teritorial negara.

Kerja sama dalam bidang ekonomi antarnegara juga menyatukan negara-negara yang termasuk organisasi internasional. Adapun ciri-ciri globalisasi dalam bidang ekonomi, antara lain:

a. Beroperasinya suatu perusahaan di berbagai negara atau menjual produknya secara internasional.

b. Adanya penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa.

c. Batas antarnegara menjadi kabur atau tidak tampak.

d. Keterkaitan antara ekonomi nasional dan internasional makin erat.

e. Membuka peluang pasar untuk produk dalam negeri di pasar internasional secara kompetitif.

f. Membuka peluang bagi masuknya produk luar ke dalam negeri.

4 dari 6 halaman

Globalisasi Bidang Komunikasi

Saat ini, untuk mengirimkan surat kepada sanak saudara bisa melalui media pesan singkat maupun surat elektronik atau email. Meski jaraknya jauh, dalam hitungan detik pesan yang ingin disampaikan akan langsung diterima.

Jadi, dengan adanya perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi tersebut mampu mendekatkan orang yang jauh. Interaksi antara satu orang dengan orang lain tidak harus dilakukan secara tatap muka secara langsung.

Hal itu karena sudah banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Selain digunakan untuk berkomunikasi, adanya perkembangan media tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah.

5 dari 6 halaman

Globalisasi Bidang Transportasi

Seiring perkembangan era globalisasi seperti saat ini, ada banyak hal bisa didapatkan. Satu di antara hal yang sangat dirasakan ialah perkembangan dalam bidang transportasi, baik darat, laut maupun udara.

Teknologi transportasi merupakan teknologi yang mampu mendukung perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan.

Transportasi ini diciptakan dan digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

6 dari 6 halaman

Globalisasi Bidang Budaya

Globalisasi erat kaitannya dengan perubahan dalam bidang sosial dan budaya. Pada aspek sosial budaya, konsep globalisasi merujuk pada proses terintegrasinya gagasan, nilai, norma, perilaku serta cara hidup sosial kemasyarakatan.

Dalam hal ini, sebagian besar individu dibentuk oleh pengaruh masyarakat dunia. Berbagai wilayah dunia memiliki elemen budaya masing-masing yang bisa saling memengaruhi satu sama lain, seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Globalisasi dalam bidang budaya merupakan fenomena sosial yang dilakukan oleh individu dengan mendapatkan pengaruh dari masyarakat global. Di mana pun berada, ia akan mendapat banyak pengetahuan baru tentang kebudayaan asing.

Globalisasi dalam bidang budaya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya bisa menumbuhkan sikap toleransi dengan adanya berbagai keberagaman yang ada di dunia. Sementara, kekurangannya dapat melunturkan kebudayaan lokal jika tidak disikapi dengan bijak.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer