Sukses


7 Manfaat Push Up untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Push up bisa menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang terlalu sibuk dengan pekerjaan. Untuk melakukan push up, cukup mudah dan Anda tidak memerlukan alat khusus.

Push up bisa dilakukan kapan pun, entah setelah bangun atau sebelum tidur. Pria dan wanita bisa melakukan olahraga ini.

Push up merupakan olahraga yang cepat dan efektif untuk membangun kekuatan. Umumnya, olahraga ini bermanfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas.

Tidak hanya efektif untuk membangun kekuatan, push up memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin.

Maka itu, penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat push up bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat push up bagi kesehatan yang jarang diketahui, disadur dari Kapanlagi, Kamis (2/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Push Up untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat push up untuk tubuh yang pertama adalah dapat meningkatkan bagi kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan, seseorang melakukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut bisa terhindar dari risiko terjangkit penyakit jantung sebanyak 96 persen.

Saat melakukan push up, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk mendistribusikan darah bersih yang mengandung oksigen ke jaringan otot. Anda bisa memiliki jantung sehat dan aliran darah yang lancar dengan melakukan push up secara rutin.

2. Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang

Manfaat push up selain berguna untuk kesehatan jantung, juga bisa menjaga kesehatan otot dan tulang tubuh Anda. Ketika Anda melakukan olahraga ini, akan merangsang otot menjadi lebih padat.

Makin banyak masa otot yang digunakan dalam berolahraga push up, akan makin besar produksi dan pelesapasan hormon HGH (hormone pertumbuhan manusia).

Gerakan push up yang menggunakan banyak otot akan memicu produksi HGH, yang akhirnya menghasilkan pertumbuhan otot. Selain itu, setelah memasuki usia 30, jaringan otot tubuh akan terus berkurang karena proses penuaan.

Hal ini bisa mengurangi kekuatan otot dan tulang hingga lima persen setiap tahunnya sehingga dengan melakukan push up, Anda dapat menjaga kesehatan otot dan tulang dengan baik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Push Up untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Banyak orang yang tidak tahu jika melakukan push up secara rutin bisa meningkatkan vitalitas tubuh. Ketika melakukannya, otot bisep akan mengalami perenggangan yang bisa meningkatkan fleksibilitas.

Hal ini tentunya penting untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Selain itu, perenggangan otot saat melakukan push up dapat mencegah berbagai cedera otot.

4. Mencegah Dan Mengatasi Sarcopenia

Sarcopenia adalah kondisi di mana massa otot mengalami penurunan karena proses penuaan. Kondisi ini umum terjadi pada lansia yang membuat tubuhnya menjadi lebih lemah dan rentan.

Sarcopenia bisa terjadi lebih cepat pada orang yang jarang berolahraga. Untuk memperlambat kondisi tersebut, ada baiknya Anda menjalani olahraga secara rutin, seperti push up.

Tanpa disadari olahraga push up yang dapat meningkatkan kekuatan, dapat merangsang pembentukan massa otot tubuh Anda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Push Up untuk Kesehatan

5.  Mencegah Osteoporosis

Manfaat kelima dari melakukan push up ialah dapat mencegah osteoporosis. Ketika Anda melakukan push up, dapat menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

6. Menurunkan Berat Badan

Tujuan melakukan olahraga ialah supaya badan kita lebih bagus, berbentuk, dan sehat. Anda bisa melakukan olahraga push up agar terjauh dari obesitas.

Melakukan push dapat menurunkan berat badan jika dikerjakan secara rutin. Diketahui bahwa melakukan push up dapat membakar sekitar tujuh kalori dalam tubuh setiap menitnya.

7. Mencegah Cedera Punggung dan Bahu

Manfaat push up selanjutnya ialah dapat mencegah cedera punggung dan bahu. Dengan melakukan push up, otot pada bahu akan kuat, lalu tulang pada punggung belakang lebih terbentuk dengan baik.

Punggung adalah bagian penting dari tubuh untuk mendukung semua gerakan, sedangkan bahu bertanggung jawab dalam menjaga tulang lengan. Dengan melakukan push up dapat mencegah cedera pada bagian punggung dan bahu Anda.

 

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dhia Amira. Published: 9/9/2021)

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer