Sukses


3 Cara Menggunakan Sepeda Statis agar Mendapat Manfaat Maksimal

Bola.com, Jakarta - Sepeda statis merupakan satu di antara alat bantu olahraga yang kerap Anda temukan di gym. Namun, olahraga dengan sepeda statis juga bisa dilakukan di rumah.

Latihan dengan sepeda statis merupakan jenis olahraga kardio yang utamanya bermanfaat untuk meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru.

Sepeda statis juga bisa untuk meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan. Sebab, olahraga ini mengeluarkan ekstra kalori, yang pada akhirnya mengoptimalkan proses pembakaran lemak.

Itulah mengapa, untuk mendapatkan manfaat yang optimal Anda perlu mengetahui cara menggunakan sepeda statis dengan benar.

Berikut cara menggunakan sepeda statis agat mendapat manfaat yang optimal, dinukil dari Klikdokter, Senin (6/12/2021).

2 dari 4 halaman

Untuk Tujuan Kebugaran

Jika Anda hendak melatih kebugaran menggunakan sepeda statis, mulailah mengayuh pelan dan dengan tahapan. Seiring waktu, Anda dapat menambah durasi serta intensitas.

Anda bisa memulainya dengan menggunakan alat tersebut sekitar 25-35 menit. Durasi tersebut dibagi menjadi dua sesi, yakni intensitas rendah 5-10 menit, dan sedang selama lima menit.

Tentunya, durasi olahraga dengan sepeda statis Anda masih tersisa durasinya. Anda bisa menggunakan metode latihan kombinasi.

Mulailah dengan kayuhan intensitas tinggi 1-2 menit. Lalu, lanjutkan ke intensitas sedang sekitar lima menit. Setelah itu, kembali lagi mengayuh intensitas tinggi 1-2, dan lanjut ke latihan sedang sekitar lima menit.

Saat akan mengakhiri latihan sepeda statis, Anda bisa mengayuh dengan intensitas ringan sekitar lima menit.

3 dari 4 halaman

Untuk Menurunkan Berat Badan

Anda ingin mendapatkan proses pengurangan berat tubuh lebih optimal? Anda hanya perlu mengayuh sepeda statis dengan durasi sedikit lebih lama.

Caranya, awali dengan latihan mengayuh intensitas rendah 5-10 menit. Lalu, lanjutkan ke latihan sedang 3-5 menit.

Setelahnya, lakukan kombinasi latihan intensitas tinggi (1–3 menit), serta sedang (3-5 menit). Lakukan berulang selama 20-30 menit selanjutnya.

Setelah melakukan set latihan tersebut, pastikan untuk melakukan pendinginan dengan mengayuh sepeda statis dengan intensitas rendah selama 5-10 menit.

4 dari 4 halaman

Untuk Meningkatkan Stamina

Meningkatkan stamina menggunakan sepeda statis dapat dilakukan dengan latihan interval.

Mulailah mengayuh dengan intensitas rendah selama 10 menit. Setelah itu, Anda dapat beralih ke intensitas sedang selama 10 menit. Lanjutkan dengan gerakan kombinasi yang terdiri dari intensitas rendah dan tinggi selama masing-masing dua menit, dengan total durasi kira-kira 12 menit.

Akhiri latihan Anda dengan mengayuh dalam intensitas rendah selama 5–10 menit. Seiring waktu, pastikan untuk meningkatkan durasi satu menit lebih lama daripada sebelumnya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 15/7/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer