Sukses


9 Cara Mengatasi Varises secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Baik laki-laki maupun perempuan pasti ingin tidak ingin memiliki varisesVarises terjadi karena adanya tekanan pada dinding pembuluh vena. Pembuluh vena yang membengkak tersebut menyebabkan katup melemah.

Katup yang melemah akan mengganggu aliran darah ke jantung sehingga terbentuk endapan di vena bagian ujung. Jika hal ini terus terjadi, endapan akan membuat pembuluh vena bengkak, merusak katup, dan muncul varises.

Penyebab varises bisa disebabkan beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, dan kehamilan.

Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi varises secara alami yang bisa Anda coba di rumah, Anda berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut cara mengatasi varises secara alami, dilansir dari Klikdokter, Rabu (8/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Varises secara Alami

1. Olahraga Teratur

Dengan melakukan olahraga rutin, akan melancarkan aliran darah, termasuk pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan. Dengan begitu, endapan akan berkurang sehingga bengkak pun ikut berkurang.

2. Mengurangi Berat Badan yang Berlebih

Obesitas adalah satu di antara faktor risiko varises. Menjaga berat badan tetap ideal dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Otomatis, varises bisa teratasi.

3. Gunakan Stocking Varises atau Bebat Kompresi

Cara mengatasi varises secara alami lainnya adalah dengan penggunaan stocking varises. Stocking khusus ini direkomendasikan oleh para ahli karena berguna untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah varises. Terlebih ketika aktivitas kaki tertekuk dalam waktu cukup lama atau berdiri cukup lama.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Varises secara Alami

4. Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Makanan tinggi kalium mampu mengurangi retensi air yang memperburuk kondisi varises. Hal ini bertentangan dengan sodium atau garam yang justru menahan atau menyebabkan retensi air. Makanan tinggi potasium meliputi tuna, salmon, sayuran hijau, serta kacang almond.

5. Atur Posisi Kaki

Posisi kaki yang terlalu lama menggantung atau tertekuk, atau terlalu lama berdiri, dapat memperburuk varises Anda. Jika Anda tidur, letakkan kaki sedikit lebih tinggi dengan menggunakan bantal. Lalu, jika berada dalam perjalanan jauh di pesawat atau mobil, usahakan untuk mengubah posisi secara berkala.

6. Konsumsi Antioksidan

Konsumsi antioksidan bisa menjadi pengobatan varies yang alami. Sebab, satu di antara hal yang menyebabkan terjadinya varises adalah radikal bebas. Radikal bebas dari proses oksidasi lemak dapat merusak dinding dan kelenturan pembuluh darah.

Antioksidan tersebut meliputi pycnogenol, flavonoid, serta buah-buahan seperti blueberi dan alpukat.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Varises secara Alami

7. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat dan Heels

Cara mengatasi varises lainnya adalah dengan menghindari pakaian terlalu ketat. Pasalnya, pakaian terlalu ketat dapat membuat gangguan pada tekanan pembuluh vena, yang akhirnya menyebabkan varises. Begitu pula dengan penggunaan heels yang terlalu lama.

8. Pijat Refleksi

Satu di antara cara mengatasi varises secara alami ialah pijat refleksi. Pijat refleksi dipercaya mampu menormalkan kondisi pembuluh darah penyebab varises dan merilekskan otot di sekitarnya.

Meski demikian, ibu hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pijat refleksi. Bagi ibu hamil, tidak disarankan melakukan pijat ini karena dapat merusak pembuluh darah yang rapuh.

9. Konsumsi Makanan yang Mengandung Flavonoid

Cobalah rutin mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid, seperti bayam, paprika, atau brokoli. Flavonoid juga terdapat pada buah-buahan, antara lain anggur, stroberi, ceri, blueberi, dan apel.

Zat flavonoid pada makanan tersebut berguna untuk menyehatkan jantung sehingga dapat memperlancar peredaran darah dan membuat pembuluh darah lebih rileks.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/8/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer