Sukses


10 Manfaat Mengagumkan Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Kelapa termasuk buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Tidak hanya dagingnya, berbagai bagian dari pohon kelapa memiliki kegunaan bermanfaat, termasuk air kelapa. 

Air kelapa menjadi satu di antara minuman yang sangat menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Sering kali banyak orang menikmati air kelapa ketika cuaca sedang panas dan badan terasa gerah. Hal itu karena air kelapa yang bisa menyegarkan sekaligus menghilangkan dehidrasi di tubuh.

Air kelapa terbentuk secara alami di dalam buah kelapa, dan mengandung kurang lebih 94 persen air dan sedikit lemak.

Rata-rata satu buah kelapa segar bisa menghasilkan setengah hingga satu gelas penuh air kelapa. Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa, disarankan untuk meminumnya dalam keadaan segar.

Selain itu, jangan campurkan bahan-bahan lainnya ke dalam air kelapa termasuk gula karena hal tersebut akan merusak kandungan sehat yang ada di dalamnya.

Berikut 10 manfaat mengagumkan air kelapa untuk kesehatan tubuh, yang patut untuk Anda coba, seperti dilansir dari Klikdokter, Rabu (15/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Air Kelapa untuk Kesehatan

1. Menu Diet 

Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir berat badan naik ketika mengonsumsinya. 

Air kelapa juga dapat menjadi sumber energi berkat kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera. 

Demi mendapatkan manfaat yang lebih optimal, konsumsilah air kelapa murni yang tidak ditambahkan gula. Batasi pula porsi saat mengonsumsinya.

2. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan yang berikutnya ialah mengatasi berbagai keluhan pencernaan, seperti mual, muntah, atau diare. Air kelapa dapat membantu mengurangi keluhan-keluhan tersebut.

Air kelapa mengandung elektrolit sehingga dapat pula membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena masalah pencernaan. 

3. Mencegah Dehidrasi

Kandungan yang ada di dalam air kelapa lebih efektif mencegah dehidrasi daripada minuman isotonik dan minuman energi.

Air kelapa mengandung 61 miligram kalium dan 1,3 gram gula alami dalam setiap 200 mililiternya. Sementara, minuman isotonik dan minuman energi hanya mengandung setengah dari kandungan kalium tersebut, dan lima kali jumlah pemanis buatan yang buruk untuk kesehatan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Air Kelapa untuk Kesehatan

4. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal mengatakan, pengidap hipertensi yang mengonsumsi air kelapa secara rutin mengalami penurunan tekanan darah. 

Hal tersebut memberikan harapan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi.

5. Kaya Gizi

Air kelapa mengandung lima jenis elektrolit esensial bagi tubuh manusia, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. 

Berkat beberapa kandungan baik tersebut, manfaat air kelapa bisa dinikmati oleh oleh pengidap penyakit apa pun. Yang perlu menjaid catatan adalah, jangan mecampurkan bahan apa pun ke dalamnya, termasuk gula.

6. Meredakan Mabuk akibat Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih bisa menyebabkan mabuk dan pusing. Kondisi tersebut bisa diredakan dengan mengonsumsi air kelapa. 

Air kelapa tidak menyebabkan mual atau kembung ketimbang air putih biasa. Hal ini bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Air Kelapa untuk Kesehatan

7. Penangkal Radikal Bebas 

Air kelapa tinggi antioksidan, yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Pada beberapa penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa pemberian air kelapa dapat meminimalkan kadar radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini membuat risiko seseorang terkena penyakit lebih rendah.

8. Mengontrol Gula Darah pada Pengidap Diabetes

Sebuah studi menemukan manfaat air kelapa dalam menurunkan gula darah, serta kadar HbA1c — penentu kontrol gula darah dalam jangka panjang. 

Air kelapa juga mengandung magnesium yang penting untuk meningkatkan sensitivitas insulin pada pengidap diabetes maupun prediabetes.

9. Mencegah Batu Ginjal

Air putih tetap yang terbaik, namun air kelapa dapat menjadi pilihan. Para ilmuwan menemukan bahwa air kelapa dapat mencegah kristalisasi batu ginjal sehingga menurunkan risiko penyakit tersebut.

10. Mengatasi Kulit Kering

Air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C. Kombinasi tersebut membuat air kelapa dapat membantu menjaga hidrasi kulit sehingga mencegah kekeringan.

Manfaat air kelapa untuk kulit lainnya, yaitu menjaga elastisitas sehingga tampak kenyal.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 22/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer