Sukses


Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Mendaki gunung merupakan kegiatan ekstrem dan menantang. Meski begitu, mendaki gunung bagi sebagian orang dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Wajar ada sebagian orang yang secara rutin memiliki agenda untuk bisa mendaki gunung dalam kurun waktu tertentu.

Tak hanya tantangan yang ditemui saat proses mendaki gunung, pendaki pun akan disuguhi berbagai pemandangan yang indah. Yap, keindahan alam dan udara segar akan menemani pendaki sepanjang perjalanan menuju puncak gunung.

Perjalanan menuju puncak memang tak mudah. Membutuhkan semangat tak kenal lelah untuk bisa sampai di puncak dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Di balik rintangan dan rasa capek yang Anda dapatkan, mendaki gunung juga ada manfaatnya bagi kesehatan. Jadi Anda tidak akan sia-sia setelah menjalaninya.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat mendaki gunung untuk kesehatan yang perlu diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (17/12/2021).

2 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Mendaki gunung hampir sama dengan latihan kardio dan sangat baik untuk melatih otot jantung. Manfaat mendaki gunung tersebut bisa didapatkan saat perjalanan selama mendaki karena membutuhkan tenaga besar.

Hal itu membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari aktivitas biasanya sehingga membentuk kekuatannya.

Apabila kapasitas kerja dari organ tersebut meningkat maka akan mendapat manfaat mendaki gunung, seperti kecilnya risiko seseorang mengalami penyakit jantung dan stroke, mengoptimalkan suplai oksigen dan peredaran darah, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Manfaat mendaki gunung lain yang bisa dirasakan ialah baik untuk menjaga dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Pasalnya, dengan mendaki, seseorang akan membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang lebih.

Maka itu apabila bisa sering melakukan pendakian, daya tahan tubuh dan stamina akan tetap terjaga bahkan makin meningkat.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Stres

Memiliki segudang aktivitas terkadang membuat seseorang merasa penat hingga Stress. Dengan mendaki gunung, bisa mengurangi stres dan membuat hidup menjadi lebih bahagia.

Hal ini dikarenakan selama melakukan perjalanan mendaki banyak disuguhi beragam pemandangan indah dan mamanjakan mata. Perjalanan inilah yang bisa membantu untuk menghilangkan segala kepenatan.

Tak hanya itu, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan dengan durasi yang cukup panjang disebut bisa meningkatkan kadar kebahagiaan dibandingkan dengan melakukan tread mill saja.

Walau melelahkan, dengan perjalanan mendaki yang panjang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan santai.

5 dari 6 halaman

Memperkecil Risiko Osteoporosis

Dalam perjalanan mendaki gunung membutuhkan waktu yang tak sebentar. Jika mendaki gunung dilakukan secara rutin dipastikan bisa memperkuat otot kaki serta dapat berpengaruh pada kekuatan tulang.

Saat melakukan pendakian, seseorang akan menjalani beberapa kegiatan sekaligus, seperti berjalan kaki, menaiki tangga, dan berjemur di bawah sinar matahari.

Hal inilah yang membuat kondisi tulang menjadi sehat sehingga mampu memperkecil risiko terkena osteoporosis.

6 dari 6 halaman

Menjadikan Daya Ingat Lebih Kuat

Melakukan aktivitas fisik memiliki dampak positif untuk kesehatan otak. Dalam mendaki dibutuhkan ketepatan insting untuk mengingat dan pengelolaan emosi yang baik.

Oleh karena itu, dengan melakukan perjalanan mendaki, bisa meningkatkan daya ingat menjadi lebih kuat dan memori makin tajam.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Nisa Mutia Sari. Editor: Nanang Fahrudin. Published: 25/7/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer