Sukses


10 Cara Mengatasi Kesepian, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Kesepian merupakan hal yang cukup menyesakkan. Orang yang kesepian kerap menyimpan rasa sedih dalam hatinya.

Rasa sedih tersebut tak dapat diungkapan karena merasa tak ada teman untuk menampung keluh kesahnya. Pada dasarnya, tidak ada manusia yang ingin sendirian. Mereka pasti bersosialiasi dan berinteraksi satu sama lain.

Namun, ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih suka menyimpan kesepian dan kesendiriannya.

Kesepian yang dirasakan terus-menerus memang harus segera diatasi. Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh buruk terhadap kondisi fisik dan mental seseorang.

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi kesepian. Dengan cara tersebut, perasaan tersebut tidak akan terlalu berlebihan dan berlarut-larut.

Berikut cara mengatasi kesepian, dilansir dari Klikdokter, Jumat (17/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kesepian

1. Berbicara dengan Orang Asing

Obat ampuh saat merasa kesepian adalah berbicara. Dan terkadang, ada masanya orang terdekat Anda tidak bisa dihubungi untuk diajak berbicara atau sekadar mendengar suaranya. Sebagai gantinya, cobalah berbicara dengan orang asing yang Anda jumpai di tempat-tempat tertentu.

Misalnya saat pergi ke kedai kopi, Anda bisa mengobrol sedikit dengan barista atau pegawai kasir seputar kopi. Atau saat di kantor, meski Anda belum punya teman yang benar-benar dekat, cobalah berbicara mengenai kondisi kantor Anda saat bertemu dengan petugas keamanan.

Bila berkendara dengan ojek online, tidak ada salahnya mengobrol dengan pengendara ojek. Lagi pula, biasanya pengendara motor lebih senang berkendara sambil mengobrol santai agar tak mudah stres karena kemacetan atau semrawutnya kondisi jalan.

2. Mencoba Pengalaman Baru

Cobalah pergi traveling ke tempat-tempat yang belum Anda kunjungi, baik di dalam maupun luar negeri. Jalan-jalan sendiri ala backpacker juga tak kalah mengasyikkan. Anda bisa mengatur rencana berlibur sesuai keinginan tanpa distraksi dari orang lain.

Anda pun akan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai daerah sehingga punya kesempatan untuk berkenalan dan berbagi pengalaman.

Bila tidak ingin jalan-jalan yang terlalu jauh, Anda bisa sekadar pergi menonton acara konser musik berbagai genre, menjadi relawan suatu acara, hingga mengikuti kelas-kelas keterampilan khusus, misalnya kelas memasak, kelas berkebun, kelas membordir, dan lain-lain.

3. Memelihara Hewan

Satu di antara cara menghilangkan rasa sepi bisa juga dengan memelihara hewan. Bila Anda pulang ke rumah selalu dalam keadaan lelah dan sedih, sepertinya memelihara hewan seperti kucing, anjing, kura-kura, ikan, atau burung dapat menjadi solusi.

Hewan peliharaan bisa membuat Anda merasa lebih berarti ketika sampai di rumah. Anda akan disambut dengan suara anjing, kibasan ekornya yang lucu, geliat kucing yang manja serta tingkah bodohnya, atau ocehan burung saat Anda membuka pintu.

Selain itu, Anda perlu memberi mereka makan dan membersihkan kandangnya. Dengan begitu, Anda akan merasa bermanfaat untuk makhluk hidup lain, sekalipun itu bukan manusia.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kesepian

4. Membagikan Hal Bermanfaat di Media Sosial

Akan beda rasanya bila Anda membagikan hal lain yang lebih bermanfaat dibanding sekadar foto. Anda bisa membagikan informasi valid, misalnya tentang pencemaran lingkungan atau langkah apa yang bisa dilakukan oleh banyak orang untuk kehidupan yang lebih baik.

Atau bila punya kemahiran, misalnya menggambar atau memasak, Anda bisa merekamnya dan mengunggah tipsnya di media sosial. Intinya, buatlah konten kreatif sesuai hobi atau keterampilan yang dimiliki.

Biasanya, orang-orang akan lebih merespons positif daripada Anda hanya mengunggah hal-hal yang terkesan pamer.

5. Bersilaturahmi

Cara mengatasi kesepian yang bisa Anda lakukan adalah, kembali berkabar dengan orang-orang terdekat. Mungkin, beberapa waktu terakhir Anda sangat sibuk sehingga tidak sempat berhubungan dengan keluarga atau sahabat.

Cobalah untuk membuat janji makan siang atau sekadar ngopi santai di mana Anda dapat saling bertukar kabar. Tanpa disadari, berbicara langsung, menatap mata lawan bicara Anda dan tidak terdistraksi oleh HP masing-masing akan membuat hubungan Anda makin terasa kuat.

6. Temukan Komunitas

Saat merasa kesepian merupakan satu di antara momen baik untuk menemukan komunitas. Ya, menemukan kesamaan dengan orang lain yang memiliki minat serupa dengan Anda bisa menjadi satu di antara cara mengatasi rasa sepi.

Jadi, apakah minat khusus Anda? Mungkin bersepeda, fotografi, personal finance, dan lain-lain. Hampir pasti ada komunitas berisi orang-orang serupa dengan Anda di mana Anda dapat saling berbagi lebih lanjut mengenai minat tersebut.

Selain menghilangkan sepi, pengetahuan Anda pun jadi bertambah dalam.

7. Melakukan Sebanyak Mungkin Kegiatan Tatap Muka

Interaksi sosial dengan bertatap muka dapat menjadi cara mengatasi kesepian yang Anda rasakan. Dengan melihat orang lain, walau mungkin tidak Anda kenal, secara tidak langsung memperbaiki kondisi mood Anda.

Jadi, cobalah melakukan kegiatan di mana terdapat orang lain di sekitar Anda. Misalnya dengan berolahraga di taman, mengunjungi tempat ibadah, belanja makanan di pasar, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kesepian

8. Ubah Mindset Negatif

Sering kali, mereka yang kesepian terus memiliki pemikiran buruk tentang kondisi ini. Misalnya, merasa kesepian karena tidak ada yang menyukai dirinya, memikirkan kesalahan masa lalu yang membuat diri merasa kesepian, dan lain-lain.

Berpikir terus tidak akan memperbaiki kesepian yang Anda rasakan. Saatnya untuk mengubah pemikiran negatif tentang perasaan ini, dan berusaha mengambil langkah nyata untuk mengatasinya.

9. Mencintai Diri Sendiri

Seringkali, Anda menghukum diri dengan menyalahkan diri apabila gagal atau menemui masalah, merasa bersalah jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, atau mengejek diri jika salah mengambil langkah; khususnya saat berusaha mengatasi kesepian yang dirasakan.

Usahakan untuk berubah dan lebih mencintai diri Anda sendiri. Dukung diri Anda untuk bangkit dari kesepian, berikan afirmasi positif pada diri Anda setiap hari, dan rayakan keberhasilan-keberhasilan kecil yang muncul dalam usaha mengatasi kesepian.

10. Perhatikan Kegiatan saat Waktu Luang

Apakah yang biasanya Anda lakukan di waktu luang? Apakah tidur sebanyak-banyaknya, beristirahat di kamar, mendengarkan musik terus-menerus atau menonton acara TV kesukaan berjam-jam?

Jika ya, mungkin waktunya Anda mengubah kegiatan Anda. Tanpa disadari, Anda menciptakan situasi di mana Anda mengisolasi diri sehingga tak heran lama kelamaan Anda merasa kesepian.

Coba atasi kesepian dengan memanfaatkan waktu luang untuk memiliki relasi di dunia nyata yang baik dengan orang terdekat, menghubungi keluarga, mencari support group untuk mengatasi masalah kesepian Anda, dan lain-lain.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 2/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer