Sukses


7 Manfaat Belut bagi Kesehatan, Baik untuk Kulit dan Tulang

Bola.com, Jakarta - Belut merupakan satu di antara jenis ikan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ikan dengan nama latin Anguilla rostrata ini memiliki rasa yang gurih sehingga membuatnya kerap hadir sebagai menu andalan di setiap kesempatan.

Selain memiliki rasa yang enak, kandungan gizi dalam belut tidak bisa Anda abaikan. Belut mengandung vitamin A dan protein yang tentunya baik untuk tubuh Anda.

Tak hanya itu, asam amino, karbohidrat, magnesium, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi lain juga tersimpan dalam belut.

Maka, tidak heran bila ikan yang mudah ditemui di air tawar ini menyimpan berbagai khasiat untuk tubuh Anda.

Berikut manfaat makan belut bagi kesehatan, dinukil dari Klikdokter, Minggu (26/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Belut bagi Kesehatan

1. Baik untuk Kulit

Belut mengandung vitamin E yang memiliki efek antioksidan. Vitamin E ini sering kali ditemukan dalam berbagai produk kecantikan.

Kandungan vitamin E bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, menjaga kelembapan kulit, dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Namun, efek ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Bisa Dijadikan MPASI Anak

Bagi Anda yang bingung memikirkan menu MPASI, belut bisa jadi satu di antara pilihan yang tepat.

Gizi seimbang penting dalam memenuhi kebutuhan si kecil. Kandungan berbagai nutrisi yang ada dalam belut sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak Anda sehingga belut cocok untuk dijadikan MPASI.

3. Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh

Sel dan jaringan tubuh pasti akan mengalami regenerasi untuk menjaga fungsinya, seperti pada rambut, kuku, dan kulit. Sel-sel di kulit, pencernaan, dan darah mulai berganti setelah satu minggu sehingga butuh diganti oleh sel yang baru.

Manfaat belut untuk memperbaiki jaringan tubuh diperoleh dari kandungan protein di dalamnya. Protein merupakan zat penting dalam proses regenerasi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Belut bagi Kesehatan

4. Bermanfaat untuk Tulang

Manfaat belut berikutnya adalah menjaga tulang agar tetap kuat. Hal ini karena kandungan vitamin D, kalsium, dan fosfor yang ada dalam belut.

Selain tulang, gigi juga bisa menjadi sehat. Pasalnya, mineral yang terkandung pada belut tersebut sama-sama dibutuhkan, baik oleh tulang maupun gigi Anda.

5. Mencegah Kekurangan Sel Darah Merah

Kandungan lain yang ada dalam daging belut adalah folat dan vitamin B12. Keduanya penting dalam pembentukan sel darah merah. Bla jumlahnya kurang, akan menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah.

Kekurangan sel darah merah akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi belut sebagai satu di antara pencegahan anemia.

4 dari 4 halaman

Manfaat Belut bagi Kesehatan

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Siapa di antara Anda yang sering susah buang air besar? Nah, manfaat mengonsumsi ikan belut juga bisa dirasakan oleh sistem pencernaan,.

Kandungan magnesium dalam belut bisa membantu meningkatkan kadar air di usus. Dengan demikian, pergerakannya pun menjadi lebih lancar. Namun, masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

7. Baik untuk Sistem Imun

Mengonsumsi belut bermanfaat untuk memperkuat sistem imun Anda. Berbagai kandungan vitamin di dalamnya akan menguatkan sistem pertahanan tubuh Anda sehingga tidak mudah sakit.

Selain itu, mineral di dalam belut seperti zinc dan selenium dapat membantu mencegah infeksi virus maupun bakteri.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 18/11/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer