Sukses


9 Cara Makan Sehat saat Merayakan Tahun Baru

Bola.com, Jakarta - Perayaan tahun baru identik dengan pesta dan makan-makan bersama keluarga maupun teman. Jenis makanan yang disantap, pastinya sangat beragam.

Yang paling umum dikonsumsi saat malam perayaan tahun baru, misalnya aneka masakan yang dibakar, seperti daging bakar, ayam bakar, dan jagung bakar.

Selain itu, berbagai camilan manis dan minuman bersoda menjadi hidangan yang tak akan terlewatkan.

Namun, dengan berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi tersebut, Anda perlu mewaspadainya agar tidak meningkatkan risiko terkena penyakit.

Contohnya, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya kandungan gula karena pastinya akan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi makanan agar tetap sehat dan jauh dari risiko terkena penyakit?

Berikut sembilan cara makan sehat saat merayakan tahun baru, yang perlu Anda perhatikan, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (28/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Makan Sehat Saat Merayakan Tahun Baru

1. Batasi Porsi Makan 

Meski semua makanan terlihat menggugah selera, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan berat badan dengan menjaga porsi makan. Kalau ingin menyantap semua jenis makanan yang terhidang, ambillah makanan dengan porsi sedikit.

2. Jeli Memilih Makanan

Cobalah memilih hidangan yang relatif lebih sehat, misalnya sajian ikan. Bila Anda ingin mengonsumsi ayam, sebaiknya hindari bagian kulitnya karena mengandung kolesterol sangat tinggi.

Untuk menu daging sapi, jenis daging yang perlu Anda pilih sebaiknya yang tidak mengandung lemak. Jenis daging lean meat yang bebas lemak memiliki kalori yang relatif lebih rendah. Plus, lebih sehat untuk jantung dan pembuluh darah.

3. Hindari Daging yang Terlalu Lama Dibakar 

Perayaan tahun baru sering dimeriahkan dengan acara bakar daging yang dilakukan secara langsung.

Bila memungkinkan, sebaiknya berikan permintaan khusus kepada chef untuk makanan yang akan Anda konsumsi.

Minta proses pembakaran daging tidak dilakukan terlalu lama. Makanan yang dibakar cenderung kurang sehat akibat potensi karsinogenik yang bisa muncul. Karsinogenik adalah zat-zat yang memicu timbulnya kanker.

Lalu, minta juga agar proses pembakaran tidak ditambahkan banyak minyak. Sebab, minyak yang diproses dalam suhu tinggi akan berubah menjadi lemak jenuh. Inilah yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Makan Sehat Saat Merayakan Tahun Baru

4. Imbangi dengan Makanan Sehat

Tetap konsumsi menu makanan sehat, seperti buah dan sayur yang kaya akan nutrisi serta vitamin di saat pesta tahun baru. Dengan begitu, Anda tetap bisa menyeimbangkan kebutuhan serat serta memperoleh asupan vitamin dan mineral yang cukup dari keduanya.

5. Banyak Minum Air Putih 

Pesta tahun baru pasti juga identik dengan beragam minuman segar, misalnya soda, es sirup, dan alkohol. Nah, tanamkan dalam diri bahwa air putih-lah pilihan terbaik.

Minuman manis dapat membuat kadar gula darah meningkat. Konsumsi dalam jumlah banyak memberikan risiko diabetes.

Begitu pula dengan alkohol. Selain efek jangka pendeknya yang bisa menyebabkan sakit kepala dan mabuk, alkohol dapat menyebabkan kerusakan organ hati dalam jangka panjang.

6. Katakan "Tidak" pada Makanan Olahan 

Kurangi konsumsi makanan olahan. Contohnya nugget, sosis, dan daging asap. Cara pengolahannya yang sering kali menggunakan banyak minyak, misalnya digoreng, akan menghasilkan asupan lemak jenuh dan kolesterol tinggi.

Selain asupan lemak yang kurang sehat tersebut, makanan olahan umumnya sangat tinggi kadar garamnya. Konsumsi garam dalam jumlah berlebihan membuat Anda berisiko mengalami hipertensi.

4 dari 4 halaman

Cara Makan Sehat Saat Merayakan Tahun Baru

7. Pilih Karbohidrat Sehat

Karbohidrat sederhana seperti roti putih, kentang, dan nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Beberapa saat setelahnya, gula darah juga dengan cepat akan kembali menurun.

Akhirnya, Anda akan cepat merasa lapar kembali. Lonjakan gula darah tersebut kurang baik untuk pengaturan sistem gula darah dalam tubuh.

Untuk itu, sebisa mungkin pilihlah karbohidrat yang lebih sehat, yaitu jenis karbohidrat kompleks. Bila tersedia, sebaiknya pilih nasi merah maupun olahan gandum.

8. Pilih Camilan Sehat

Saat tahun baru, akan ada banyak camilan enak yang tersedia. Seperti keripik kentang, gorengan, kue, cokelat, kentang goreng, dan sebagainya. Asal tidak dikonsumsi terlalu banyak, makan beragam kudapan tersebut tidak masalah.

Namun, kalau ingin tetap sehat selama periode tahun baru, Anda bisa memilih camilan yang lebih bermanfaat. Misalnya buah segar, kacang-kacangan, dan buah kering.

9. Tetap Lengkapi Kebutuhan Nutrisi 

Sangat mungkin Anda akan kalap untuk melahap daging sapi atau ayam hasil barbeku-an. Namun, hidangan tersebut hanya merupakan sumber lemak dan protein.

Tetap pastikan asupan Anda mengandung nutrisi lengkap sesuai kebutuhan tubuh dan dalam porsi yang tepat. Usahakan setiap menu makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral, serta serat yang cukup.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 27/12/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer