Sukses


Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Isi dan Tujuan, Ketahui Ciri-Ciri dan Syaratnya

Bola.com, Jakarta - Poster adalah jenis media publikasi yang berisi tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Poster biasanya dipasang ditempat yang ramai dan strategis. Sifatnya yang mengajak, membuat poster banyak terpampang di pinggir-pinggir jalan agar mudah dilihat orang.

Hal tersebut dilakukan tentuĀ untuk mencari perhatian banyak orang. Itulah mengapa poster sering dijadikan sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, dan lain-lain.

Agar informasi dalam poster bisa lebih mudah dipahami, poster tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Dalam membuat poster harus disesuaikan dengan tujuannya.

Berdasarkan tujuan dan isinya, poster dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja jenis-jenis poster berdasarkan isi dan tujuannya?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis poster berdasarkan isi dan tujuannya, seperti dilansir dari files1.simpkb.id, Rabu (5/1/2022).

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Poster

Poster memiliki beberapa ciri, di antaranya sebagai berikut:

- Merupakan karya seni yang memadukan antara unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar supaya lebih mudah dibaca orang banyak.

- Biasanya poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok, tujuannya supaya dapat menarik perhatian.

- Berisikan kalimat-kalimat yang cukup singkat, jelas, dan mudah dimengerti pembaca.

- Poster biasanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada di dalamnya.

- Biasanya psoter di pasang di tempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya di tempat yang ramai, seperti alun-alun kota, pasar, dan lain-lain.

3 dari 6 halaman

Syarat-Syarat Poster

Poster memiliki beberapa syarat, di antaranya:

- Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang.

- Kalimat pada poster harus singkat, jelas, dan padat.

- Mengombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.

- Dibuat semanarik mungkin supaya mencuri perhatian banyak orang.

- Poster harus ditempelkan atau dipajang di tempat-tempat umum yang ramai.

- Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualiatas yang baik supaya tidak cepat rusak.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya poster dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah jenis poster yang berisi informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

  • Poster Niaga

Poster ini yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

  • Poster Kegiatan

Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

  • Poster Karya Seni

Poster karya seni adalah jenis poster yang memiliki sifat yang ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

  • Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah jenis poster yang berisi tentang informasi, yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan dari tujuannya poster dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:

  • Poster Propaganda

Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Poster propaganda dapat juga dikatakan poster yang digunakan untuk memengaruhi orang lain.

  • Poster Kampanye

Poster yang biasanya sering muncul saat masa-masa Pilkada atau Pemilu. Poster tersebut bertujuan untuk meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilihnya saat Pemilu tiba.

  • Poster Afirmasi

Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat memengaruhi.

  • Poster "Dicari"

Poster yang bertujuan untuk mencari orang maupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang, dan lain-lain.

  • Poster Film

Poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan atau sedang ditayangkan. Hal tersebut agar masyarakat tertarik untuk menontonnya.

6 dari 6 halaman

Poster Berdasarkan Tujuannya

  • Poster Komik

Poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

  • Poster "Cheesecake"

Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak. Poster ini biasanya berisi gambar-gambar orang terkenal, seperti selebritas, penyanyi, dan lain-lain, yang dapat menarik perhatianĀ khalayak umum.

  • Poster Riset

Poster yang bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian riset kepada orang banyak. Poster jenis ini sering ditemui di sekolah atau kampus.

  • Poster Komersial

Poster yang bertujuan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan. Poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

  • Poster Kelas

Poster yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa. Poster jenis ini biasanya terlihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.

Ā 

Sumber: SIMPKB

Video Populer

Foto Populer