Sukses


Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Tahapan, dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Negosiasi adalah interaksi sosial antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama sehingga kedua pihak saling sepakat dan diuntungkan.

Secara etimologis, kata negosiasi berasal dari bahasa Inggris yaitu 'to negotiate' dan 'to be negotiating' yang artinya membicarakan, merundingkan, atau menawarkan.

Dari kata tersebut kemudian memiliki turunan lain, yaitu 'negotiation', yang artinya aktivitas membicarakan atau merundingkan sesuatu dengan pihak lain untuk mencapai kesepakatan.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang negosiasi, ketahui pengertian dari para ahli, tujuan, tahapan hingga manfaatnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian negosiasi menurut para ahli, tujuan, tahapan, dan manfaatnya, seperti dilansir dari laman sarjanaekonomi.co.id, Kamis (13/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengertian Negosiasi Menurut Ahli

  • Rustono (2008)

Negosiasi adalah keterampilan yang dapat dipelajari oleh setiap orang.

  • Modul Garuda Sales Institute

Negosiasi adalah proses untuk mencapai kesepakatan dengan memperkecil perbedaan serta mengembangkan persamaan guna meraih tujuan bersama yang saling menguntungkan.

  • Robbins (2003)

Negosiasi adalah sebuah proses yang di dalamnya dua pihak atau lebih bertukar barang dan jasa dan berupaya menyepakati tingkat kerja sama tersebut bagi mereka.

  • Jackman (2005)

Negosiasi adalah sebuah proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih yang pada mulanya memiliki pemikiran berbeda, hingga akhirnya mencapai kesepakatan.

  • Hartman

Negosiasi merupakan suatu proses komunikasi yang di mana dua pihak masing-masing dengan suatu tujuan dan sudut pandang mereka sendiri berusaha akan mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak tersebut mengenai masalah yang sama.

  • Henry Kissinger

Negosiasi merupakan sebuah proses untuk dapat menggabungkan posisi konflik ke posisi umum, di bawah aturan keputusan bulat.

  • Oliver

Negosiasi merupakan sebuah transaksi di mana kedua belah pihak akan mempunyai hak atas hasil akhir.

  • Casse

Negosiasi ialah suatu proses di mana paling sedikit ada dua pihak dengan persepsi, kebutuhan, dan motivasi yang berbeda mencoba untuk bisa bersepakat tentang suatu hal demi kepentingan bersama.

3 dari 5 halaman

Tujuan Negosiasi

Tujuan Negosiasi

- Untuk dapat mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak.

- Untuk dapat menyelesaikan masalah dan menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi para pihak-pihak yang bernegosiasi.

- Untuk bisa mencapai suatu kondisi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang akan bernegosiasi di mana semuanya mendapatkan manfaat (win-win solution).

4 dari 5 halaman

Tahapan Negosiasi

Tahapan Negosiasi

1. Tahap Persiapan (Preparation Stage)

Sebelum bernegosiasi, perlu menentukan lokasi dan waktu pertemuan dan siapa yang harus menghadirinya. Tahap ini juga memastikan bahwa semua pihak terkait telah siap dan dapat bernegosiasi.

2. Tahap Diskusi (Discussion Stage)

Pada tahap ini, setiap individu atau anggota dari masing-masing pihak akan mengajukan sebuah kasus. Keterampilan yang dibutuhkan pada tahap ini ialah akan mengajukan pertanyaan, mendengarkan dan mengklarifikasi.

3. Tahap Klarifikasi Tujuan (Clarifying Goals Stage)

Tujuan, kepentingan, dan perspektif dari kedua pihak yang telah dibahas bersama sebelumnya perlu diklarifikasi sehingga ada kemungkinan untuk dapat membangun landasan bersama.

4. Mulai Bernegosiasi (Negotiate Towards a Win-Win Outcome)

Tahap ini berfokus pada apa yang disebut juga sebagai hasil "menang-menang" atau "win-win", di mana kedua belah pihak akan merasa telah memperoleh sesuatu yang positif melalui proses negosiasi.

5. Perjanjian (Agreement)

Kesepakatan dapat dicapai setelah pemahaman mengenai sudut pandang dan kepentingan kedua belah pihak telah tercapai dan dipertimbangkan.

6. Melaksanakan Tindakan dari Hasil Perjanjian

Dari perjanjian yang akan disepakati, tindakan harus diambil untuk dapat mengimplementasikan keputusan perjanjian.

5 dari 5 halaman

Manfaat Negosiasi

Manfaat Negosiasi

- Terciptanya jalinan kerja sama satu pihak dengan pihak lainnya dalam mencapai tujuan masing-masing.

- Saling pengertian antara masing-masing pihak yang bernegosiasi mengenai kesepakatan yang akan diambil dan dampaknya bagi semua pihak.

- Negosiasi bermanfaat bagi terciptanya kesepakatan bersama yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bernegosiasi.

- Tercipta interaksi yang positif antara pihak yang bernegosiasi sehingga jalinan kerja sama akan menghasilkan dampak yang lebih luas bagi banyak orang.

 

Sumber: sarjanaekonomi.co.id

Video Populer

Foto Populer