Sukses


6 Manfaat Pameran bagi Siswa yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pameran adalah kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga diapresiasi oleh orang lain. Pameran juga disebut sebagai kegiatan untuk menyampaikan sebuah ide melalui karya seni.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pameran adalah pertunjukan (hasil karya seni, barang hasil produksi, dan lain sebagainya).

Pameran bisa dilakukan di mana saja, termasuk di sekolah. Pameran sekolah merupakan kegiatan mempertunjukkan hasil kreativitas dari karya siswa maupun guru untuk bidang studi tertentu.

Adanya kegiatan pameran yang diadakan di sekolah tentu sangat bermanfaat, terutama bagi para siswa. Apa saja manfaat pameran bagi siswa di sekolah?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat pameran bagi siswa di sekolah yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman smadwiwarna.sch.id, Kamis (13/1/2022).

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Karya Seni

Pameran yang diadakan di sekolah bisa sebagai sarana untuk memupuk, membina dan mengembangkan bakat siswa. Hal itu karena karya seni yang dipamerkan akan mendapatkan apresiasi dari banyak orang.

Dari apresiasi tersebut siswa akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari karya dipamerkan. Selain itu, melalui kegiatan pameran ini siswa juga dilatih untuk memberikan penilaian dan tanggapan terhadap karya seni orang lain.

Penilaian yang diberikan bisa dilakukan secara tertulis, lisan maupun melalui sikap dan perbuatan.

3 dari 7 halaman

Sebagai Sarana Apresiasi

Pada kegiatan pameran di sekolah siswa tentunya akan mengeluarkan ide gagasan dalam wujud karya seni. Setelah itu, para pengunjung yang melihatnya dan memberikan apresiasi serta penilaian terhadap karya seni tersebut.

Proses apresiasi ini dibedakan menjadi dua yaitu apresiasi aktif serta pasif.

4 dari 7 halaman

Melatih Siswa untuk Bersosialisasi

Satu di antara manfaat pameran bagi siswa di sekolah adalah melatih siswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Pameran bukanlah kerja perorangan, melainkan kerja kelompok yang melibatkan banyak orang, baik siswa, guru atau orang lain.

Hal itu berarti saat ada kegiatan pameran siswa jadi belajar bekerja sama dengan orang lain. Hal ini pastinya berguna saat hidup bermasyarakat.

5 dari 7 halaman

Membangkitkan Motivasi Siswa dalam Membuat Karya Seni

Dari pameran yang diadakan, karya seni yang dibuat oleh siswa akan dilihat oleh banyak orang sehingga akan mendapatkan kritik dan saran.

Kritik dan saran yang diberikan pengunjung tersebut bisa dijadikan motivasi oleh siswa sehingga bisa menghasilkan karya seni yang lebih baik lagi.

Pameran karya seni ini juga akan menciptakan persaingan yang sehat antarsiswa dan dapat dijadikan motivasi oleh siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam membuat suatu karya seni.

6 dari 7 halaman

Sebagai Sarana Rekreasi

Pameran menjadi satu di antara kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa. Alasannya, karena pameran bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi.

Bagi kebanyakan siswa, pameran ini menjadi tempat untuk merilekskan pikiran. Selain itu, pameran bisa berguna untuk menghilangkan kejenuhan atas kegiatan belajar mengajar di kelas dan mengerjakan tugas dari guru yang menguras pikiran dan banyak energi.

 

7 dari 7 halaman

Sebagai Sarana Edukasi

Manfaat pameran yang terakhir, bisa sebagai sarana edukasi. Perlu diketahui, pameran juga berfungsi sebagai sarana untuk mendidik siswa. Dengan begitu, siswa bisa mengetahui pentingnya pengalaman batin.

Pengalaman batin tersebut bermanfaat dalam menyeimbangkan akal serta pikiran. Melihat fungsi satu ini, wajar tentunya pameran sering diadakan oleh sekolah.

 

Sumber: Website SMA Dwiwarna Boarding School

Video Populer

Foto Populer