Sukses


Manfaat Tidur Cukup untuk Kesehatan, Bisa Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Tidur cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan mental maupun tubuh. Terlebih lagi, bagi orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi.

Setelah seharian beraktivitas, tubuh membutuhkan waktu beristirahat untuk melepas rasa lelah. Tidur menjadi satu di antara pilihan membantu memulihkan tenaga agar siap beraktivitas kembali esok harinya.

Meski telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, jika tidak diikuti dengan istirahat atau tidur cukup, semua itu akan sia-sia.

Selain itu, memiliki waktu tidur yang cukup memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tidur cukup untuk kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang mafaat tidur cukup untuk kesehatan, yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman dinkes.kalbarprov.go.id, Rabu (19/1/2022).

2 dari 7 halaman

Aturan Waktu Tidur yang Cukup

Sebelum mengetahui manfaat tidur cukup, ketahui terlebih dahulu aturannya. Berikut aturan waktu tidur yang baik menurut National Sleep Foundation sesuai kelompok usia:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari.
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari.
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari.
  • Prasekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari.
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari.
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari.
3 dari 7 halaman

Manfaat Tidur Cukup

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tidur cukup yang pertama adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena saat tidur, sistem imun tubuh dapat bekerja maksimal dalam memproduksi antibodi.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, manfaat tidur cukup bisa mengurangi risiko peradangan dalam tubuh. Dengan demikian, risiko kemunculan berbagai macam penyakit dapat berkurang.

2. Mengendalikan Berat Badan dan Nafsu Makan

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Clinical Nutrition and Metabolic Care membuktikan bahwa orang yang tidak cukup tidur tiap malam hari lebih berisiko mengalami berat badan berlebih atau obesitas.

Hal ini bisa disebabkan adanya ketakseimbangan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang dalam tubuh, yakni hormon ghrelin dan leptin.

Saat tidur, kadar leptin dalam tubuh akan menurun sehingga merangsang sinyal kenyang ke otak. Bila waktu tidur berkurang, otak akan mengurangi kadar hormon leptin dan meningkatkan ghrelin.

4 dari 7 halaman

Manfaat Tidur Cukup

3. Memperkuat Daya Ingat

Selama beraktivitas, seseorang mungkin mempelajari berbagai hal atau informasi baru. Saat tidur, otak akan memilah-milah semua informasi yang telah dipelajari tersebut.

Otak pun akan aktif memperkuat daya ingat dan melatih kemampuan yang dipelajari sebelumnya. Manfaat tidur teratur selama tujuh hingga delapan jam dapat membuat Anda mengalami semua tahapan tidur sehingga melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Waktu tidur yang cukup berperan penting dalam proses belajar dan berpikir. Manfaat tidur pun telah terbukti meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan meningkatkan kinerja memori anak-anak dan orang dewasa.

Jika sering kurang tidur, kemampuan kognitif bisa mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Hal ini termasuk tingkat kewaspadaan, konsentrasi, nalar, serta kemampuan memecahkan masalah.

5 dari 7 halaman

Manfaat Tidur Cukup

5. Meningkatkan Suasana Hati (mood)

Manfaat tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan suasana hati. Beristirahat di malam hari sesuai kebutuhan dapat membuat kita terbangun dengan lebih segar dan perasaan senang.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat istirahat cukup di malam hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena selama kita tidur, tekanan darah akan menurun sehingga organ jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat.

Tak hanya itu, selama tidur tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat menyehatkan organ jantung. Apabila kerap kurang tidur di malam hari, risiko penyakit kardiovaskular dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

7. Mengurangi Stres

Manfaat istirahat atau tidur cukup bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks. Jika kurang tidur, tubuh akan melepas hormon stres atau kortisol.

Stres dapat menyebabkan reaksi berlebihan terhadap sesuatu dan menurunkan produktivitas saat belajar ataupun bekerja. Bahkan, orang yang kurang tidur dapat membuat keputusan secara impulsif atau terburu-buru.

6 dari 7 halaman

Manfaat Tidur Cukup

8. Mengatur Metabolisme dan Kadar Gula Darah

Manfaat tidur cukup lainnya adalah mengatur metabolisme tubuh. Apabila tubuh kurang tidur, risiko kondisi kesehatan yang berkaitan dengan metabolisme, seperti lonjakan gula darah, dapat meningkat.

9. Memperpanjang Usia

Mungkin tak banyak yang tahu, waktu dan kualitas tidur yang cukup berperan penting dalam memperpanjang usia. Jadi, makin sedikit waktu tidur di malam hari, makin besar pula risiko mengalami kematian dini.

Selain itu, mengurangi waktu tidur menjadi lima jam atau kurang dari itu dapat meningkatkan risiko kematian lebih cepat. Hal itu berarti, manfaat tidur teratur dapat memperpanjang usia seseorang.

7 dari 7 halaman

Manfaat Tidur Cukup

10. Menyehatkan Kulit

Saat tidur, tubuh akan memproduksi kolagen yang baru dan segar. Kolagen merupakan protein yang akan menjaga kulit agar tetap kencang, kenyal, dan awet muda.

Jika kurang tidur, kolagen dan asam hialuronat yang terdapat di kulit akan pecah. Padahal, kedua komponen ini yang berperan penting agar kulit dapat berkilau, kenyal, dan cerah.

Bila kita sering tidur selama lima jam atau kurang dari itu, tanda-tanda penuaan, termasuk garis-garis halus dan lingkaran hitam di area bawah mata akan lebih cepat muncul.

11. Meningkatkan Gairah Seksual

Para ahli percaya, kurang tidur menyebabkan penurunan libido sekaligus mengurangi keinginan untuk berhubungan seksual. Hal tersebut mungkin dapat terjadi akibat rasa kantuk dan energi yang terkuras akibat kurang tidur.

 

Sumber: Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer