Sukses


5 Cara Mengatasi Makanan Tersangkut di Gigi, Bikin Nyaman

Bola.com, Jakarta - Mengalami makanan tersangkut di gigi setiap makan pasti sangat merepotkan. Maka itu, cara mengatasi makanan tersangkut di gigi sangat berguna untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di mulut.

Sebenarnya, penyebab makanan terselip di gigi bisa beragam. Mulai bentuk anatomi gigi yang kurang baik, adanya tambalan gigi yang kurang baik, pemasangan gigi palsu yang kurang tepat, hingga adanya lubang pada gigi.

Cara mengatasi makanan tersangkut di gigi dilakukan dengan perawatan yang tepat. Walau terlihat sepele, makanan yang terselip di gigi harus segera ditangani. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada area gigi dan mulut.

Berikut cara mengatasi makanan tersangkut di gigi, disadur dari Klikdokter, Selasa (25/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Makanan Tersangkut di Gigi

1. Berkumur dengan campuran air garam atau larutan kumur

Berkumur selama 30 detik dengan menggunakan campuran air garam atau larutan antiseptik tanpa alkohol, apalagi jika makanan yang tersangkut menyebabkan gusi berdarah.

Dengan berkumur, area yang tersangkut menjadi bersih. Cara ini juga membantu agar makanan yang tersangkut terlepas. Namun, jika makanan tersangkut agak dalam, berkumur harus disertai dengan langkah lainnya.

2. Rajin sikat gigi

Walaupun sikat gigi yang berbulu lembut bisa membantu mengeluarkan sisa makanan yang nyangkut di gigi, bulu sikat terkadang tidak bisa menjangkau sampai ke sela-sela gigi.

Jadi, jangan lupa setelah makanan terlepas, oleskan sikat gigi dengan pasta gigi, lalu sikat seluruh gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang masih tertinggal.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Makanan Tersangkut di Gigi

3. Melakukan flossing dengan teknik yang benar

Serat-serat dari benang gigi bisa masuk dan membersihkan sampai ke celah antargigi. Jika digunakan dengan teknik yang benar, flossing tidak hanya dapat membersihkan sisa makanan di gigi, tetapi juga yang berada di area gusi.

Namun, hati-hati, jika digunakan dengan cara yang salah, cara ini justru dapat mendorong sisa makanan makin masuk ke celah yang lebih dalam dan makin sulit untuk dikeluarkan.

4. Menggunakan water flosser

Alat ini dapat menyemprotkan air dengan tekanan yang kuat sehingga mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi.

Namun, sebelum menggunakannya, pelajari terlebih dahulu cara pemakaiannya agar penggunaannya efektif. Alat ini bisa digunakan jika flossing dengan benang gigi tidak berhasil.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Makanan Tersangkut di Gigi

5. Bersihkan gigi dengan interdental brush atau interproximal brush

Alat ini berupa sikat berukuran sangat kecil yang mampu masuk ke sela-sela gigi tanpa melukai gusi. Untuk menggunakan alat ini, sebaiknya oleskan pasta gigi sedikit pada interdental brush, lalu masukkan ke sela-sela gigi dan gosok dengan gerakan maju-mundur.

Mengoleskan tambahan pasta gigi pada sikat tersebut tidak hanya berfungsi untuk membersihkan sela antargigi saja, tetapi juga membuat permukaan di sela-sela gigi menjadi lebih sehat dan tahan terhadap karies.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 17/8/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer