Sukses


Terkuak, Ini 4 Penyebab Praveen/Melati Dicoret dari Pelatnas PBSI 2022

Bola.com, Jakarta - Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva dicoret dari PBSI. Nama keduanya tidak ada dalam daftar pebulutangkis pelatnas untuk 2022.

"Ada beberapa parameter, satu di antaranya adalah prestasi dalam satu sampai dua tahun belakangan," kata pelatih ganda campuran, Nova Widianto, dalam konferensi pers virtual, Jumat (28/1/2022).

PBSI baru saja mengumumkan 88 pebulutangkis pelatnas untuk 2022. Selain Praveen/Melati, ganda campuran lainnya, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, juga terdepak.

"Kedua, terkait usia. Ketiga karena sudah beberapa tahun juga di pelatnas. Keempat, persoalan karakter," imbuh Nova, yang notabene mantan pebulutangkis ganda campuran itu.

Nova melihat bahwa performa Praveen/Melati mengalami penurunan dalam dua tahun belakangan. Seusai menjuarai All England 2020, keduanya tidak pernah lagi meraih podium utama.

Pencapaian terbaik Praveen/Melati hanyalah menjadi runner-up Thailand Open 2020 dan Hylo Open 2021.

"Keduanya masih yang terbaik di pelatnas. Namun, dalam 1-2 tahun terakhir, ekspektasi PBSI ingin mereka stabil dan juara karena mereka sudah menjuarai All England," papar Nova.

2 dari 3 halaman

Regenerasi Ganda Campuran

Keputusan mencoret Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria memang selaras dengan kebijakan PBSI. Sektor ganda campuran dianggap butuh regenerasi.

Sebagai gantinya, pasangan semodel Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine diprediksi menjadi tumpuan PBSI.

"Dalam 1-2 tahun, setelah All England, hasilnya tidak memuaskan. Kami sepakat, khususnya pada ganda campuran harus ada regenerasi. Mereka juga sudah lama di pelatnas," imbuh Nova.

3 dari 3 halaman

Daftar Pebulutangkis Pelatnas PBSI 2022

Ganda Campuran (Utama)

  1. Rinov Rivaldi
  2. Pitha Haningtyas Mentari
  3. Adnan Maulana
  4. Mychelle Crhystine Bandaso
  5. Zacharia Josiahno Sumanti
  6. Hediana Julimarbela
  7. Rehan Naufal Kusharjanto
  8. Lisa Ayu Kusumawati
  9. Amri Syahnawi
  10. Winny Oktavina Kandow
  11. Indah Cahya Sari Jamil

Ganda Campuran (Pratama)

  1. Rafli Ramanda
  2. Aisyah Salsabila Putri Pranata
  3. Az Zahra Putri Dania

Video Populer

Foto Populer