Sukses


Cara Pulihkan Kulit Gosong Akibat Terbakar Sinar Matahari

Bola.com, Jakarta - Kulit adalah organ ekskresi pada tubuh manusia. Kulit merupakan lapisan jaringan yang terdapat di permukaan tubuh dan merupakan organ terluas pada tubuh.

Kulit berfungsi melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan radikal bebas. Kulit juga berperan membantu mengatur suhu tubuh, merasakan sensasi sentuhan dan nyeri, serta menghasilkan vitamin D.

Memiliki kulit yang putih, mulus, dan sehat menjadi dambaan bagi sebagian orang. Namun, saat melakukan banyak aktivitas di luar ruangan, kulit bisa menjadi gosong, belang, sampai mengelupas akibat terpapar sinar matahari.

Hal tersebut bisa jadi karena lupa mengoleskan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Tetapi, tak perlu panik jika mengalami kulit gosong hingga mengelupas.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memulihkan dan meratakan kembali warna kulit yang belang atau gosong.

Berikut ini rangkuman tentang cara memulihkan kembali kulit yang gosong akibat terkena sinar matahari, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (3/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Cara Pulihkan Kulit Gosong

Hindari Memakai Pakaian Ketat

Beberapa jam setelah kulit terbakar sinar matahari, kulit membutuhkan udara. Tubuh akan merespons dengan cara memperlancar aliran darah sehingga mempercepat proses penyembuhan luka pada area kulit yang terbakar.

Dengan menggunakan pakaian ketat, justru akan menghalangi aliran darah menjadi tidak lancar. Jadi, sebaiknya, pakailah busana yang longgar agar proses pemulihan menjadi lebih cepat.

Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin bisa membantu meredakan rasa panas dan nyeri pada kulit. Tambahkan lavender oil dan baking soda yang bisa membantu meredakan iritasi. Penggunaan cuka apel juga bisa beraksi untuk mengatasi inflamasi pada kulit.

3 dari 6 halaman

Cara Pulihkan Kulit Gosong

Konsumsi Ibuprofen

Cara ini merupakan langkah terbaik untuk mengatasi anti-inflamasi yang diakibatkan oleh luka bakar pada kulit. Saat terbakar sinar matahari, kulit akan mengalami radang dan terasa sangat nyeri.

Oleh sebab itu, atasi dengan mengonsumsi pil ibuprofen untuk meredakannya.

Jaga Hidrasi dalam Tubuh

Kulit yang terbakar sinar matahari bisa membuat tubuh menjadi iritasi. Jadi pastikan untuk konsumsi air mineral yang banyak beberapa jam setelah kulit terbakar.

Hindari minuman yang mengandung gula dan alkohol karena akan makin memperlambat penyembuhan kulit.

4 dari 6 halaman

Cara Pulihkan Kulit Gosong

Jangan Memencet Kulit

Biasanya, saat luka bakar tersebut sudah sangat parah maka akan terjadi luka bakar di mana kulit akan membuat jaringan baru sehingga berbentuk seperti kulit melepuh.

Usahakan untuk tidak memecahkan gelembung tersebut sehingga kulit tidak semakin luka dan teriritasi.

Oleskan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni terbukti secara ilmiah bisa meredakan inflamasi, meredakan sensasi pedih, dan membantu penyembuhan luka.

Setelah mandi air dingin, bagi yang tak memiliki krim anti-inflamasi bisa memanfaatkan minyak kelapa murni untuk mendinginkan kulit.

5 dari 6 halaman

Cara Pulihkan Kulit Gosong

Konsumsi Makanan Sumber Vitamin A, C, dan E

Makanan-makanan sehat yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E bisa membantu kulit lebih cepat pulih dari pigmentasi akibat paparan sinar matahari. Selain itu bisa menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya dari dalam.

Sumber vitamin-vitamin kulit ini bisa diperoleh dari buah-buahan serta sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau.

Oleskan Getah Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya bekerja baik pada kulit yang hiperpigmentasi berkat kandungan polisakarida mucilaginous pada getahnya. Getah lidah buaya segar dapat mengelupas sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru.

6 dari 6 halaman

Cara Pulihkan Kulit Gosong

Gunakan Krim Antiinflamasi

Oleskan krim anti inflamasi yang bersifat mendinginkan secara topikal pada kulit yang terbakar, misalnya aloe vera atau krim kortison. Tetapi, hindari aloe vera jika Anda pernah menunjukkan reaksi alergi terhadap getahnya.

Jika Anda tidak alergi terhadap aspirin, hancurkan beberapa tablet aspirin menjadi bubuk halus dan tambahkan air secukupnya sampai membentuk pasta kental.

Oleskan campuran ini ke area tubuh yang terkena sengatan matahari. Hindari krim berbasis minyak atau petroleum karena dapat memerangkap panas dan pengelupasan makin parah.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nabila Mecadinisa. Published: 7/6/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer