Sukses


Jenis-Jenis Citraan dalam Puisi, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Puisi adalah satu di antara bentuk karya sastra yang banyak disukai karena disajikan dalam bahasa yang indah dan sifatnya imajinatif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima serta penyusunan larik dan bait.

Banyak unsur yang turut menentukan keindahan puisi, satu di antaranya adalah citraan. Citraan adalah gambaran seakan-akan kita mendengar, melihat, merasakan sebagaimana digambarkan oleh puisi yang dibaca atau dengar.

Jadi, citraan dalam puisi digunakan untuk memperkuat kesan puisi sehingga pembaca atau pendengar turut merasakan apa yang ada dalam puisi secara nyata.

Ada beberapa jenis citraan dalam puisi yang perlu diketahui dan dipahami. Apa saja jenis-jenis citraan dalam puisi?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis citraan dalam puisi yang perlu diketahui, seperti dilansir dari pintar.jatengprov.go.id, Selasa (8/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Citraan dalam Puisi

1. Citraan visual

Citraan visual atau penglihatan adalah gambaran dalam otak kita seakan-akan melihat berbagai bentuk/hal sebagaimana yang tercantum dalam puisi. Citraan ini sering digunakan oleh penyair.

Citraan penglihatan mampu memberi rangsangan kepada indra penglihatan dan dituliskan dalam kata-kata. Semua hal yang terkait dengan warna, bentuk-bentuk, pemandangan, termasuk citraan visual.

Contoh: merah, hijau dedaunan, gunung menjulang, gelap, terang, indahnya bunga, dan sebagainya.

2. Citraan Audio

Citraan audio atau pendengaran adalah gambaran dalam otak kita seakan-akan kita mendengar berbagai suara sebagaimana yang tercantum dalam puisi. Citraan pendengaran berhubungan dengan kesan yang diperoleh melalui indra pendengaran (telinga).

Contoh: gemericik air, gemerisik dedaunan, sunyi, lagu, merdu, melengking, dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Citraan dalam Puisi

3. Citraan Perabaan

Citraan perabaan adalah gambaran dalam otak seakan-akan kita merasakan dengan indra peraba (kulit) apa yang tercantum dalam puisi. Semua hal yang terkait dengan kulit (peraba) untuk merasakannya termasuk wilayah citraan ini.

Contoh: kasar, halus, lembut, dingin, panas, dan sebagainya.

4. Citraan Perasaan

Citraan perasaan adalah gambaran dalam otak kita seakan-akan kita merasakan berbagai rasa atau hal sebagaimana yang tercantum dalam puisi. Semua hal yang terkait dengan hati dan perasaan termasuk citraan ini.

Contoh: sedih, gembira, cinta, haru, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Citraan dalam Puisi

5. Citraan Pencecapan

Citraan pencecapan adalah gambaran dalam otak kita seakan-akan kita merasakan dengan lidah berbagai rasa, sebagaimana yang tercantum dalam puisi. Semua hal yang terkait dengan lidah untuk merasakannya termasuk wilayah citraan pencecapan.

Contoh: asin, tawar, hambar, pahit, dan sebagainya.

6. Citraan Penciuman

Citraan penciuman adalah gambaran dalam otak seakan-akan mencium berbagai bau atau rasa sebagaimana yang tercantum dalam puisi. Semua hal yang terkait dengan hidung untuk merasakannya termasuk wilayah citraan penciuman.

Contoh: semua bebauan, wangi, harum, semerbak, dan sebagainya.

 

Sumber: Portal ResmiPemerintah Provinsi Jawa Tengah

Video Populer

Foto Populer