Sukses


Manfaat Ngemil bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tidak bisa dimungkiri, bagi sebagian orang, ngemil merupakan aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika ngemil tersebut dilakukan sambil menonton film, mengerjakan tugas, maupun mengobrol.

Namun, kebanyakan orang berpikir ngemil akan membuat tubuh gemuk. Itulah mengapa, banyak orang menghindari ngemil karena takut berat badannya naik.

Meskipun memiliki anggapan yang buruk, ada beberapa manfaat ngemil bagi tubuh. Ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat aktivitas ngemil jadi bermanfaat.

Hal itu tentu dengan catatan camilan yang dikonsumsi harus sehat dan bernutrisi tinggi. Mungkin sebagian orang cukup penasaran dengan apa saja manfaat ngemil bagi tubuh.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat ngemil bagi tubuh yang jarang diketahui, seperti disadur dari Briliofood, Rabu (9/2/2022)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Mengontrol Nafsu Makan

Kebiasaan ngemil dapat menghindarkan dari makan yang terlalu berlebihan saat sarapan, makan siang maupun malam. Hal itu karena, camilan membuat perut selalu penuh sehingga nafsu makan yang seharusnya ada saat perut kosong berkurang.

Ngemil juga dapat mengontrol nafsu makan. Misalnya, dengan ngemil kacang-kacangan, buah atau puding yang kaya akan serat.

Makanan kaya serat sangat bagus untuk ngemil karena bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Kerja Otak

Tidak hanya saat senggang, ketika sedang mengerjakan tugas atau bekerja terkadang seseorang akan melakukannya sambil ngemil. Nah, kebiasaan ini mempunyai dampak positif, terutama jika Anda menyantap camilan yang kaya protein karena bisa membuat kinerja otak jadi lebih aktif.

Camilan yang Anda santap ketika bekerja dapat berubah menjadi energi yang membuat konsentrasi jadi lebih fokus. Ngemil makanan seperti cokelat atau kenari juga dapat meningkatkan fokus mental.

4 dari 6 halaman

3. Membangkitkan Mood

Ketika sedang merasa bete atau bad mood, biasanya sebagian orang akan memilih untuk melampiaskannya dengan mengonsumsi camilan. Umumnya camilan yang dipilih adalah makanan-makanan manis, seperti kue, permen, cokelat, pancake, dan lainnya.

Hal itu berarti ngemil makanan manis memang dapat membangkitkan mood bagus. Hal ini karena kandungan gula di dalamnya bisa menimbulkan rasa senang dalam tubuh.

Tetapi, ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan dan usahakan mengonsumsi camilan yang memiliki gizi yang baik.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Gula Darah

Kebiasaan ngemil dapat membantu mengisi energi serta gula dalam darah. Beberapa camilan manis yang sehat mampu mengembalikan energi dan menjaga kestabilan gula darah.

Beberapa pengidap diabetes disarankan mengonsumsi camilan sehat untuk membantu menjaga kadar gula darahnya. Namun, bagi para pengidap diabetes perlu dipastikan dulu bahwa camilan yang dikonsumsi adalah camilan yang sehat dan sebaiknya dikonsultasikan ke ahli gizi dan dokter.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Perut Keroncongan

Pada dasarnya, perut harus terisi setiap empat atau lima jam sekali. Sebab, ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan akan terus bekerja.

Wajar jika kita sering mendengar suara keroncongan. Nah, kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang keras akibat keroncongan.

 

Disadur dari: Briliofood.net (Penulis: Nisa Akmala. Published: 2/8/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer