Sukses


8 Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Telur merupakan satu di antara makanan yang familier dan paling sering dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Namun, mengonsumsi telur angsa masih cukup jarang di kalangan masyarakat.

Masyarakat umumnya memilih telur ayam untuk konsumsi harian karena mudah diperoleh dan diolah.

Meski tidak sepopuler telur ayam, faktanya, telur angsa juga memiliki cukup banyak keunggulan. Satu di antaranya adalah karena ukurannya yang lebih besar ketimbang ukuran telur dari unggas lain.

Ukuran yang besar ini tentu menjadi keunggulan tersendiri. Selain menyimpan nutrisi yang lebih banyak, pastinya Anda juga akan lebih kenyang.

Berikut beberapa manfaat telur angsa yang jarang diketahui, disadur dari Klikdokter, Kamis (10/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

1. Meningkatkan Sistem Imun

Telur angsa memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung berbagai vitamin, telur angsa mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Berkat kandungan-kandungan tersebut, telur angsa dapat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda sehingga berbagai penyakit pun dapat dicegah.

2. Baik untuk Perkembangan Otak

Mengonsumsi telur angsa berguna untuk perkembangan otak Anda. Manfaat yang satu ini diperoleh dari kadar asam folat yang tinggi pada telur angsa.

Menurut banyak studi, asam folat sangat vital untuk perkembangan otak, baik untuk janin maupun dalam tiga tahun pertama kehidupan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

3. Membantu Mempercepat Proses Kehamilan

Bagi Anda yang berencana untuk hamil dalam waktu dekat, mengonsumsi telur angsa adalah pilihan yang tepat. Telur angsa bisa membantu menstimulasi dan mempercepat proses fertilisasi.

Namun, manfaat telur angsa tidak hanya berhenti sampai di situ. Lantaran mengandung asam folat yang tinggi, telur angsa juga baik untuk kesehatan janin Anda.

4. Mengatasi Jerawat

Telur angsa bermanfaat untuk mengatasi jerawat, khususnya bagian telur putihnya. Bahkan, Anda bisa menjadikan putih telurnya sebagai masker wajah.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Pisahkan putih telur dari kuning telur.
  • Anda bisa menambahkan buah, seperti jeruk nipis, alpukat, nanas, atau madu.
  • Kocok putih telur dan buah atau madu sampai membentuk busa atau foam.
  • Aplikasikan pada wajah Anda. Tunggu hingga mengering.
  • Setelah kering, cuci wajah Anda sampai bersih.
4 dari 5 halaman

Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

5. Sebagai Sumber Protein

Protein memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain sebagai sumber energi, protein merupakan bahan baku untuk sel-sel dan kekebalan tubuh. Cara untuk memenuhi kebutuhan protein harian, misalnya dengan konsumsi makanan tinggi protein.

Perlu Anda ketahui, telur angsa mengandung tinggi protein yang jumlahnya kurang lebih 13,9 persen dari berat telur angsa itu sendiri.

6. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor yang terkandung di dalam telur angsa cukup tinggi, masing-masing sebanyak 86,5 miligram dan 299,5 miligram. Kedua mineral ini penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Mengonsumsi telur angsa bisa mencegah osteoporosis dan berguna untuk menambah tinggi badan, terutama bagi anak-anak di masa pertumbuhan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

7. Mengandung Berbagai Vitamin

Vitamin-vitamin pada telur angsa, antara lain:

  • Vitamin A sebanyak 269,3 mikrogram.
  • Vitamin B12 sebanyak 7,34 mikrogram.
  • Vitamin D sebanyak 2,4 mikrogram.
  • Vitamin E sebanyak 1,9 miligram.

Selain beberapa vitamin tersebut, telur angsa mengandung vitamin K, walaupun dalam jumlah sedikit.

8. Kaya Zat Besi dan Kalium

Telur angsa mengandung zat besi dan kalium di dalamnya. Zat besi yang tersimpan di dalam telur angsa sebanyak 5,2 miligram, sedangkan kalium sebanyak 302 miligram.

Zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, baik zat besi maupun potasium, keduanya berperan dalam sistem imun serta penyembuhan luka.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/9/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer