Sukses


Manfaat Les Privat bagi Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

Bola.com, Jakarta - Les adalah kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam sekolah. Jadi, anak bisa menentukan sendiri waktu belajarnya, baik jam maupun tempat melakukan les.

Bagi anak yang susah mempelajari materi khusus, kurang bersemangat belajar di kelas, dan ingin mempelajari lebih banyak maka disarankan melakukan les privat secara khusus.

Hal itu karena metode belajar, cara penyampaian, hingga bahasa yang digunakan saat di sekolah berbeda dengan di tempat les.

Dengan les, perkembangan otak anak dapat berjalan optimal. Tak hanya itu, les bisa menjadi cara yang bagus bagi anak untuk mengetahui minat khusus mereka.

Hal ini berarti, belajar dengan cara les privat memiliki banyak kelebihan bagi anak. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak jika mau melakukan les. Apa saja manfaat les bagi anak?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat les privat bagi anak yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (18/2/2022).

2 dari 6 halaman

Belajar dengan Lebih Santai

Biasanya kelas les akan dilakukan pada sore hari setelah jam sekolah. Pakaian yang digunakan saat belajar pun cenderung lebih bebas dan tidak perlu seragam seperti ketika di sekolah formal.

Hal ini membentuk suasana belajar yang lebih rileks. Anak-anak bisa belajar lebih santai dan menyenangkan, jauh berbeda dari kesan sekolah yang cenderung kaku.

3 dari 6 halaman

Melatih Anak Menjadi Lebih Berani

Kelas les yang jumlah muridnya lebih sedikit daripada kelas formal, secara tak langsung dapat melatih anak menjadi pribadi yang lebih berani dalam bertanya dan berdiskusi.

Sebab, dia berhadapan dengan teman-teman yang lebih sedikit dan guru yang lebih dekat secara personal. Bagi si kecil yang cenderung pemalu, mengikuti kelas les seperti ini dapat sangat membantu merangsang kepercayaan dirinya.

4 dari 6 halaman

Metode Belajar Kreatif

Cara belajar yang diterapkan di sekolah formal biasanya jauh berbeda dengan di tempat les. Metode belajar yang lebih bervariasi memang menjadi keunggulan sekolah informal seperti tempat les.

Misalnya, teknik menghafal yang diajarkan di tempat les terbukti membuat anak-anak menjadi lebih mudah menangkap pelajaran.

5 dari 6 halaman

Membiasakan Anak Aktif Mencari Ilmu

Mental anak untuk mempelajari hal-hal baru dapat dibangun dengan cara mengikuti kelas-kelas les yang menyenangkan sejak dini. Misalnya berenang, bermain berbagai macam alat musik, hingga les memasak.

Keterampilan-keterampilan seperti ini akan membuatnya percaya bahwa sejatinya dia dapat belajar berbagai macam hal. Anak pun akan tumbuh menjadi pribadi yang selalu haus akan belajar.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Meningkatkan kemampuan kognitif merupakan alasan utama mengapa orang tua mengarahkan anaknya untuk mengambil kelas les. Selain membantu meningkatkan prestasi anak di sekolah, les akan meningkatkan intensitas belajar anak dengan metode yang lebih menyenangkan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/1/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer