Sukses


7 Manfaat Salad Buah dan Sayur bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Banyak orang menyukai salad. Hal ini karena kepraktisannya serta manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi salad. Ya, salad telah dikenal sebagai makanan yang menyehatkan.

Belakangan makin banyak gerai yang mengkhususkan menjual menu salad sehingga makin memudahkan Anda dalam mengonsumsinya.

Namun, Anda juga perlu tahu agar mengonsumsi salad, baik salad buah maupun sayur, dengan cara yang benar sehingga bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi salad dengan campuran daging berlemak tinggi, menambahkan keju dan dressing lainnya, serta memilih buah kering ketimbang buah segar. 

Perlu diketahui juga, salad yang sehat adalah yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral dalam satu sajiannya. 

Apabila Anda mengonsumsi salad buah dan sayur dengan komposisi, porsi, dan cara yang tepat, Anda akan bisa merasakan manfaat-manfaatnya.

Berikut manfaat salad buah dan sayur bagi kesehatan, seperti dilansir dari Healtline via Merdeka, Jumat (18/2/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Salad Buah dan Sayur

1. Mencegah hipertensi

Salad bermanfaat untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, seseorang yang mengidap hipertensi rentan mengalami berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Maka itu, sejak dini harus dilakukan upaya pencegahan dengan mengonsumsi salad buah dan sayur secara teratur.

Kandungan kalium pada salad buah dan sayur berfungsi efektif untuk menurunkan tekanan darah dan dibutuhkan dalam kontraksi otot. 

Kandungan vitamin E pada buah-buahan juga berperan penting dalam melawan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan.

2. Menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan satu di antara jenis penyakit kronis yang sangat mematikan. Maka itu, sejak dini harus ada upaya pencegahan, satu di antaranya mengonsumsi salad buah dan sayur secara rutin dan teratur.

Kandungan vitamin C pada salad buah berperan penting untuk menurunkan risiko penyakit kanker dan membantu pembentukan kolagen. 

Kandungan ini juga bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh serta berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan penyakit kronis lainnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Salad Buah dan Sayur

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat salad buah lainnya, yaitu dapat berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan mata. Salad buah memiliki kandungan vitamin A atau beta karotan yang dibutuhkan oleh mata dalam mencegah berbagai macam kerusakan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Anda mengonsumsi salad buah dan sayur secara rutin dan teratur.

4. Mencegah osteoporosis

Salad buah dan sayur juga dapat berfungsi efektif untuk menurunkan risiko penyakit osteoporosis. Hal ini dikarenakan salad buah dan sayur mengandung vitamin D dan estrogen yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tulang tubuh.

Salad buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin K, kalium, dan magnesium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang sehingga mengonsumsi salad buah dan sayur secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis.

5. Melancarkan pencernaan

Gabungan beberapa buah yang dihidangkan memiliki kandungan serat yang berfungsi efektif untuk membantu melancarkan pencernaan. 

Maka itu, bagi Anda yang sering sembelit, sebaiknya rutin mengonsumsi salad buah dan sayur.

Selain itu, aneka buah-buahan yang ada di dalam hidangan salad buah mampu membuat kulit Anda terlihat lebih segar dan cerah. Beberapa nutrisi penting seperti vitamin E dan Vitamin C berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

4 dari 4 halaman

Manfaat Salad Buah dan Sayur

6. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, sebaiknya mengonsumsi salad buah dan sayur secara teratur. Pasalnya, salad buah mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan sehingga sangat baik untuk membantu program diet. 

Dengan mengonsumsi salad buah secara teratur, dapat membantu menekan kalori yang masuk ke tubuh.

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya dampingi dengan pola hidup sehat, seperti olahraga secara rutin. Dengan begitu, diet yang sedang Anda jalani akan berhasil dan mampu menjaga berat badan tetap ideal.

7. Mengurangi risiko cacat pada bayi

Salad buah baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat pada salad buah berperan penting mengurangi risiko keguguran dan cacat pada bayi. Nutrisi ini juga berfungsi efektif dalam pembuatan sel tubuh baru, serta memelihara kesehatan secara umum.

Untuk mendapatkan manfaat salad buah secara optimal, Anda disarankan untuk memasukkan beragam buah-buahan. Dalam sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi buah-buahan bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan hipertensi.

 

Sumber asli: Healthline

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 26/1/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer