Sukses


Manfaat Cincau Hitam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Cincau hitam merupakan satu di antara bahan makanan yang banyak dijadikan sebagai minuman. Cincau hitam memiliki kesamaan dengan cincau hijau, yakni terbuat dari dedaunan.

Cincau hitam terbuat dari daun yang berasal dari China. Di Indonesia, daun cincau hitam disebut daun janggelan.

Cincau hitam paling enak dikonsumsi pada siang hari sebagai pelepas dahaga. Apalagi jika ditambah dengan es batu, cincau hitam akan terasa makin segar.

Cincau hitam tidak hanya menyegarkan saja, melainkan juga menyehatkan.  Jadi, tak hanya cincau hijau, cincau hitam juga banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat kesehatan bisa didapatkan setelah mengonsumsi cincau hitam.

Namun, semua manfaat kesehatan tersebut bisa dapatkan dengan optimal bila tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya pada minuman cincau ini.

Anda juga bisa memadukan potongan buah bersama cincau hitam untuk menambah manfaat kesehatan lainnya.

Apa saja manfaat cincau hitam bagi kesehatan? Berikut ini rangkuman tentang manfaat cincau hitam bagi kesehatan yang tak banyak diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Senin (21/2/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Melancarkan Pencernaan

Cincau hitam diketahui dapat melancarkan pencernaan dengan kandungan serat yang berfungsi untuk membantu mengeluarkan sampah dan racun dari dalam sistem pencernaan.

Masalah-masalah penceranaan, seperti, diare, sembelit, perut kembung, dan masalah pencernaan lainnya dapat diatasi dengan mengonsumsi cincau hitam.

Bagi yang sering punya masalah sembelit, bisa mengonsumsi cincau untuk melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin B dan C dalam cincau mampu mencegah diare atau meredakan gejalanya.

3 dari 7 halaman

Menjaga Berat Badan

Cincau hitam bermanfaat untuk menjaga berat badan. Perlu diketahui, cincau tidak memiliki kalori karena dibuat dari daun cau, yang merupakan bahan alami dan tidak memiliki rasa.

Walau rasanya hambar, cincau sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai macam minuman.

Bagi yang sedang melaksanakan program diet, konsumsi cincau hitam sangat disarankan karena rendah kalori dan kaya akan serat.

4 dari 7 halaman

Menetralkan Asam Lambung

Makan cincau juga baik untuk menetralkan asam lambung. Anda bisa mengonsumsi cincau saat perut kosong. Hal ini bisa membuat tubuh terasa lebih dingin dan memberikan kenyamanan pada pencernaan.

Apalagi asam lambung yang sudah meninggi di perut juga bisa ditumbuk dan akan melancarkan kembali sistem pencernaan.

5 dari 7 halaman

Menjaga Tekanan Darah dan Kolesterol

Sifatnya yang rendah kalori menjadi nilai utama yang menjadikan cincau hitam bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan kalori yang rendah, membuat cincau dapat menjaga tekanan darah dan kolesterol, sehingga menyeimbangkan kolesterol saat mengonsumsi makanan lain.

6 dari 7 halaman

Mencegah Diabetes

Kandungan klorofil dan bisbenzilsokuinolin pada cincau dapat menyerap gula dan menjaga kadar insulin dalam tubuh, yang membuatnya menjadi baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan konsumsi cincau hitam dapat mencegah diabetes.

7 dari 7 halaman

Mencegah Kanker

Kandungan serat larut air dalam cincau hitam diketahui mampu mengikat gula, lemak, hingga kolesterol. Hal ini membuat konsumsi cincau hitam dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, hingga stroke.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 22/5/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer