Sukses


MotoGP 2022: Alat Berat Sudah Tiba, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Segera Dikebut

Bola.com, Jakarta - Menyusul kesepakatan antara FIM, Dorna Sports, dan ITDC melakukan pengaspalan ulang pada sebagian lintasan Sirkuit Mandalika, peralatan berat milik PT Pembangunan Perumahan (PT PP) telah tiba Lombok, Sabtu (19/2/2022). Setelahnya, pengelupasan permukaan trek dilakukan, disusul dengan setup Asphalt Mixing Plant (AMP).

Seperti yang diketahui, dalam uji coba pramusim pada 11-13 Februari, para pembalap MotoGP mengeluhkan lintasan Sirkuit Mandalika yang kotor, begitu juga dengan aspalnya yang mudah terkelupas sehingga menciptakan kerikil. Tak sedikit rider yang mengaku mendapat 'serangan' kerikil pada helm, motor, dan tubuh.

Pada 15 Februari, ITDC pun mencapai kesepakatan dengan FIM dan Dorna Sports untuk melakukan pengaspalan ulang di sektor sebelum Tikungan 17 sampai Tikungan 5 dengan standar yang sudah ditentukan. Pengerjaan ini pun wajib selesai sepekan sebelum balapan digelar di Mandalika.

"Kita bergerak cepat agar perbaikan lintasan sirkuit sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Alhamdulillah sebagian besar peralatan berat telah tiba dan proses pekerjaan perbaikan bisa segera dimulai," ujar Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, dalam keterangannya kepada Antara.

Priandhi menegaskan proses pengerjaan perbaikan lintasan diharapkan bisa selesai pada 10 Maret, yakni sesuai target yang telah ditetapkan oleh FIM dan Dorna Sports. Selain alat berat, PT PP telah memastikan kesiapan bahan baku untuk pengaspalan.

"Tim dari PT PP yang berada di Palu dan didampingi konsultan, sudah memastikan kualitas bahan baku dan memastikan loading bahan baku ke atas kapal yang akan dikirim dalam waktu dekat untuk dijadikan lapisan aspal yang baru," kata Priandhi.

 

2 dari 2 halaman

Tanggapan IMI

Sebelumnya, Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad, meyakinkan bahwa pihaknya berkomitmen menjadikan lintasan Sirkuit Mandalika memenuhi standar keselamatan dan keamanan balapan serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

"Teknologi, metode, material, serta peralatan kerja juga menggunakan spesifikasi terbaik sesuai standar FIM. Kami akan melakukan pengelupasan aspal lapisan teratas lebih kurang tebalnya empat sentimeter dan langsung diaspal ulang," tutur Novel.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, juga mengaku optimistis pengaspalan ulang ini segera selesai sebelum pekan balap MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret nanti. Menurutnya, pengaspalan ulang ini bahkan diperkirakan hanya butuh waktu enam hari jika seluruh perangkat kebutuhan sudah tersedia.

"Saya mendapat informasi bahwa PT Pembangunan Perumahan sejak Rabu (16/2/2022) lalu telah memobilisasi tim pelaksana, peralatan logistik, serta material, termasuk batu dari Palu dan aspal ke sirkuit. Mesin Asphalt Mixing Plant yang sangat penting untuk memasak aspal juga sudah ada," ungkapnya.

"Dengan telah ditanganinya perbaikan aspal oleh PT Pembangunan Perumahan, kita harap masalah aspal di Sirkuit Mandalika terselesaikan sehingga kita bisa kembali fokus kepada penyiapan ajang MotoGP yang tidak mudah dan sangat kompleks. Ajang internasional MotoGP ini sangat penting bagi citra Indonesia di mata dunia," pungkas Bamsoet.

Sumber: Antara

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 20/2/2022)

Video Populer

Foto Populer