Sukses


Jenis-Jenis Latihan untuk Wanita yang Efektif Membuat Perut Jadi Six Pack

Bola.com, Jakarta - Siapa bilang perut six pack alias "kotak-kotak" hanya bisa dimiliki laki-laki? Di masa kini, banyak pula perempuan yang mengidamkan punya perut six pack.

Satu di antara alasannya, perut six pack bisa mendukung penampilan. Yap, Anda akan terlihat memiliki tubuh bagus, seksi, dan sedap dipandang. Pakaian yang Anda kenakan pun pastinya akan terlihat lebih menarik dengan bentuk tubuh ideal dan perut kotak-kotak.

Tentu, untuk bisa punya abs (kotak-kota), bukan hal mudah. Namun, juga bukan tidak mungkin untuk dicapai. Pada dasarnya, cara mendapatkan abs untuk wanita tidak berbeda dengan pria.

Anda memerlukan olahraga khusus untuk membakar lemak di perut serta menguatkan otot perut, seperti cardio, HIIT (High Intensity Interval Training), olahraga melatih otot perut, seperti crunches, sit up, push up, plank.

Agar bisa efektif, latihan tersebut dilakukan secara rutin dan displin serta diimbangi dengan konsumsi makanan sehat.

Hindari makanan yang diawetkan atau tidak sehat, tinggi lemak, tinggi karbohidrat dan sodium. Sebaiknya, konsumsi makanan sehat, misalnya yang mengandung serat. 

Guna membantu proses pembentukan otot di perut, disarankan pula untuk banyak minum air putih serta menghindari minuman bersoda atau yang mengandung gula. Tidur cukup juga penting untuk dapat mewujudkan perut kencang dan six pack.

Nah, berikut ini jenis-jenis latihan untuk wanita yang bisa membuat perut jadi six pack, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (22/2/2022).

2 dari 3 halaman

Latihan untuk Wanita yang Bisa Menjadikan Perut Six Pack

1. Kardio

Dikutip dari Women Health, kardio bisa menjadi olahraga pilihan untuk membentuk otot perut. Sebab, kardio merupakan aktivitas fisik yang bisa membakar lemak di perut.

Makin sering latihan kardio, makin banyak pula lemak di perut terkikis. Anda bisa olahraga kardio dengan melakukan joging, jalan kaki, dan bersepeda.

2. HIIT (High Intensity Interval Training)

HIIT atau latihan interval dengan intensitas tinggi adalah aktivitas fisik yang bagus untuk meningkatkan kebugaran.

HIIT dapat membentuk otot perut dan membuatnya jadi kencang. HIIT juga bermanfaat untuk menjaga detak jantung dan meningkatkan pembakaran lemak. 

Melakukan HIIT selama 20 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu, bisa menurunkan berat badan mencapai 2 kg.

3. Sit up

Sit up sudah lama dikenal sebagai gerakan latihan untuk membentuk otot bagian perut. Sit up juga membantu memperbaiki postur tubuh. 

Cobalah untuk melakukan sit up sebanyak 25 kali dalam sehari. Bagian perut Anda pastinya akan mengecil perlahan dan terasa kencang.

3 dari 3 halaman

Latihan untuk Wanita yang Bisa Menjadikan Perut Six Pack

4. Crunch

Latihan crunch pada dasarnya mirip sit up. Bedanya, rentang gerakan crunch lebih sempit. 

Caranya, letakkan kedua tangan di belakang kepala dan pastikan posisi kaki Anda tidak menyentuh lantai. Lalu, angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas secara bersama-sama. 

Latihan ini dapat mengencangkan otot perut bagian atas.

5. Plank

Plank adalah gerakan yang efektif untuk mengencangkan perut. Cara melakukan gerak ini mudah, namun mempertahankannya cukup susah.

Mulai dengan posisi tubuh seperti mau latihan push up. Tekuk kedua siku dan topang badan Anda menggunakan lengan, tangan, dan ujung kaki. Tubuh Anda harus membentuk garis lurus dari bahu hingga pergelangan kaki. Jangan lupa untuk mengencangkan bagian perut.

Tahan posisi ini setidaknya selama 30 detik. Apabila masih merasa kuat, tambah durasi menjadi 45 detik sampai satu menit. Ulangi gerakan ini beberapa kali dalam sehari.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/1/2021)

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer