Sukses


Daftar Gaya Hidup Sehat untuk Kaum Mageran, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Bagi kaum mager atau malas gerak, olahraga merupakan hal yang sangat tidak mengundang minat. Padahal, terus-menerus menjadi pemalas akan berdampak buruk pada kesehatan.

Istilah mager belakangan lebih akrab didengar⁠, khususnya di kalangan anak muda⁠ untuk menunjukkan kurangnya keinginan beraktivitas. Hal ini beriringan pula dengan kemajuan teknologi saat ini yang membuat kebutuhan hidup serbamudah dan instan.

Contohnya, saat ini Anda bisa pesan makanan lewat aplikasi ojek online dan tidak lama kemudian makanan pun datang. Anda tak perlu lelah harus berjalan kaki keluar kantor untuk beli makan siang.

Padahal, terlalu sering mengikuti rasa malas dan enggan bergerak, Anda bisa dihantui berbagai penyakit. Sementara, banyak orang yang menginginkan punya pola hidup sehat, tetapi justru malas menjalaninya.

Alhasil semua rencana menjalani gaya hidup sehat tinggal wacana belaka. Tetapi, tenang saja, masih banyak jalan menuju Roma.

Bagi Anda kaum rebahan, ada beberapa gaya hidup sehat yang dirasa cocok diterapkan. Selain tak merepotkan, gaya hidup ini juga memberikan rasa senang dan gembira.

Berikut daftar gaya hidup sehat untuk kaum penyuka mager, disadur dari Klikdokter, Selasa (22/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Daftar Gaya Hidup Sehat untuk Kaum Mageran

Tidur Cukup

Kalau Anda mager, pergunakan waktu untuk mendapatkan tidur yang cukup. Percaya atau tidak, kunci untuk menurunkan berat badan bisa dengan menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur.

Penelitian menunjukkan, tidur setidaknya tujuh jam setiap malam sangat penting untuk menjaga berat badan yang ideal. Tidur cukup bisa menurunkan nafsu makan karena hormon leptin dan ghrelin yang mengatur hal tersebut menjadi lebih terkontrol.

Bergaul dengan Teman yang Punya Kebiasaan Sehat

Anda suka hang out, tetapi ingin tetap sehat? Sebagai makhluk sosial, manusia butuh bersosialisasi dan secara alami bisa mencontoh kebiasaan orang-orang di sekitarnya.

Daripada bergaul dengan orang yang suka minum bir, cobalah menghabiskan waktu dengan mereka yang punya kebiasaan sehat, seperti minum jus, olahraga, sampai gemar makan sehat.

Makan Teratur dan Lebih Banyak

Anda pasti merasa aneh ketika mendengar anjuran untuk makan lebih sering. Ya, tapi dalam porsi yang lebih kecil. Tiga kali makan pokok seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. Di sela jam makan besar itu, Anda bisa mengonsumsi camilan sehat.

Jumlah asupannya memang terkesan sangat banyak. Tetapi, jika Anda makan beberapa kali sepanjang hari, Anda akan menghindari rasa lapar berlebihan.

Makan kecil sebanyak lima hingga enam kali sepanjang hari juga dapat membuat gula darah Anda stabil. Energi yang didapat pun lebih banyak.

3 dari 3 halaman

Daftar Gaya Hidup Sehat untuk Kaum Mageran

Makan Cokelat

Banyak orang menggemari cokelat. Berita bagusnya, makan cokelat bisa membantu tubuh lebih sehat. Manfaat makan cokelat, yakni:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung koroner karena sumbatan pembuluh darah. Sumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena sel darah trombosit menggumpal, peradangan pada sel endotel (pelapis) pembuluh darah, dan menyumbat pembuluh darah.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.
  • Menurunkan risiko diabetes. Satu di antara faktor terjadinya diabetes adalah menurunnya sensitivitas insulin. Konsumsi cokelat dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah pada pembuluh darah arteri.
  • Meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit, meningkatkan kelembapan kulit, serta melindungi kulit dari efek sinar UV sehingga dapat menjadikan kondisi kulit lebih sehat dan halus.

Duduk yang Tegak

Bagi Anda yang bekerja dengan duduk berjam-jam di depan laptop, cobalah duduk dengan posisi yang benar dan tegak agar terhindar dari masalah kesehatan. Punggung harus lurus supaya tidak pegal.

Berolahraga Selama Satu menit Setiap Hari

Saran ini agak tidak populer, tapi Anda bisa mencobanya. Misalnya, setelah duduk berjam-jam karena pekerjaan, coba lakukan stretching selama satu menit per 30 menit duduk. Lakukan gerakan sederhana selama semenit untuk membuat tubuh Anda tetap sehat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/12/2019)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer