Sukses


Penyebab Kena Stroke di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Bola.com, Jakarta - Stroke merupakan satu di antara penyakit kronis yang umum dijumpai di Indonesia. Penyakit ini bisa terjadi karena pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Tanpa darah, otak tidak bisa mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi sehingga sel-sel dan saraf pada sebagian area otak akan mati. Kondisi itulah yang merusak bagian tubuh dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Orang yang menderita stroke umumnya memiliki usia di atas 60 tahun. Namun, ada juga orang yang terkena stroke di usia muda, yakni di bawah 45 tahun.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena stroke di usia muda. Secara garis besar, peningkatan stroke pada usia lebih muda lebih disebabkan oleh faktor risiko stroke klasik, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, diabetes, kebiasaan merokok, dan obesitas.

Berikut penyebab seseorang bisa terkena stroke di usia muda dan cara mencegahnya, disadur dari Klikdokter, Selasa (23/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penyebab Seseorang bisa Terkena Stroke di Usia Muda

1. Asupan serat yang kurang

Data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2007, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia kurang mengonsumsi buah dan sayur, yang merupakan sumber utama serat. Rata-rata konsumsi serat penduduk Indonesia per hari hanya 10,5 gram.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia hanya memenuhi 1/3 dari kebutuhan ideal serat setiap hari.

Serat memiliki kemampuan untuk mengikat lemak dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, untuk kemudian dicerna secara sempurna. Tubuh yang kekurangan serat akan turut membuat kadar gula darah tidak stabil sehingga memicu penyakit diabetes.

Tubuh yang kekurangan serat juga bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan stroke.

2. Merokok

Kecepatan aliran darah melalui pembuluh darah ke otak mengalami perubahan setelah merokok. Perubahan yang terjadi secara terus-menerus pada lapisan pembuluh darah otak dapat memicu penyakit serebrovaskular, yang sering terjadi pada pengidap stroke.

3 dari 5 halaman

Penyebab Seseorang bisa Terkena Stroke di Usia Muda

3. Kurang berolahraga

Kurangnya berolahraga pada usia muda dapat memicu terjadinya penyakit kronis, seperti stroke dan diabetes. Sebaliknya, olahraga secara teratur bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

Hal ini karena olahraga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), memperbaiki aliran darah, dan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh.

4. Kelebihan berat badan

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi sehingga risiko stroke pun meningkat.

4 dari 5 halaman

Penyebab Seseorang bisa Terkena Stroke di Usia Muda

5. Kelainan irama jantung

Kelainan irama jantung menjadi satu di antara faktor penyebab stroke di usia muda dan masih sering terabaikan. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan mikro dan struktur jantung yang bisa merupakan akibat dari serangan jantung sebelumnya.

Pada usia muda, kelainan mikrostruktur tersebut diakibatkan oleh dampak dari kelainan otot jantung dan kelainan katup dinding jantung.

Keluhan utama dari kelaian irama jantung adalah berdebar-debar. Aliran listrik jantung yang tidak normal menyebabkan kontraksi-relaksasi jantung tidak sinkron. Akibatnya, timbul bekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah otak.

6. Kelainan struktur jantung

Kelainan pada katup jantung akibat penyempitan katup atau katup jantung yang tidak rapat membuat sebagian ruang jantung membesar. Kebocoran pada dinding sekat ruang jantung juga dapat mengakibatkan sebagian ruang jantung membesar.

Hal ini berpotensi menimbulkan aritmia atau gangguan irama jantung yang disebut atrial fibrilasi. Selain itu, pembengkakan ruang jantung dapat menimbulkan kemampuan kontraksi jantung sangat menurun.

Hal ini menyebabkan darah cenderung mengental dalam ruang jantung. Bekuan darah yang terbentuk dari pengentalan ini bisa sebabkan stroke.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Stroke di Usia Muda

Pencegahan dengan mengendalikan faktor risiko yang dapat dimodifikasi merupakan cara terbaik untuk menghindari terjadinya stroke di kemudian hari. Maka itu, para remaja dan dewasa muda disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, berupa:

  • Hindari merokok atau berhenti merokok, penggunaan obat-obatan terlarang, dan alkohol.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, dianjurkan untuk makan makanan yang rendah lemak jenuh, perbanyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian (whole grains).
  • Menjaga berat badan agar tetap dalam batas normal.
  • Berolahraga secara rutin.
  • Melakukan pemeriksaan secara berkala.
  • Mulailah mengontrol tekanan darah dan kolesterol sedini mungkin.
  • Kenali dan kendalikan diabetes.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 23/9/2018)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer