Sukses


Cara Membangkitkan Semangat untuk Kembali Berolahraga secara Rutin

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan satu di antara aktivitas yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Bagi sebagian orang, olahraga dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Tak hanya itu, dengan rutin berolahraga, tulang dan otot menjadi lebih kuat, berat badan menjadi ideal, energi bertambah, daya tahan tubuh lebih prima, dan membuat tekanan darah serta kolesterol tetap stabil.

Namun, ada sebagian orang yang masih susah melakukan olahraga secara rutin. Mereka biasanya memiliki segudang alasan untuk menunda olahraga.

Olahraga hanya sebatas niat dan wacana tanpa adanya dorongan mewujudkannya. Alhasil, mereka memerlukan motivasi yang lebih tinggi agar target berolahraga terealisasi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengbangkitkan kembali semangat olahraga. Bagaimana caranya?

Berikut ini rangkuman tentang cara yang bisa dilakukan untuk membangkitkan semangat kembali olahraga, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (3/3/2022).

2 dari 6 halaman

Cara Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

1. Tujuan

Langkah pertama adalah memiliki tujuan untuk dikerjakan. Tidak masalah apakah itu tujuan penurunan berat badan atau tujuan lainnya, yang penting bisa membuat Anda berhasil dalam berolahraga.

Kemudian, jangan berpikir bahwa Anda harus menetapkan hanya satu tujuan. Anda dapat mengatur sebanyak mungkin tujuan yang ingin dicapai dalam berolahraga.

Tetapkan tujuan harian, misalnya, "Saya akan berjalan selama 20 menit hari ini". Bisa juga tujuan mingguan, "Saya akan mendapatkan minimal tiga latihan dalam minggu ini".

2. Persiapan

Setelah memutuskan untuk berolahraga, siapkan segala sesuatu sebelumnya untuk memudahkan Anda. Misalnya, kemasi tas olahraga pada malam sebelumnya.

Bisa juga menyiapkan makanan atau camilan sebelum latihan untuk menambah mood, serta rencanakan latihan apa yang akan dilakukan.

3 dari 6 halaman

Cara Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

3. Disiplin

Buat rutinitas yang bisa mengembangkan disiplin untuk mematuhinya. Jika Anda bisa, rencanakan waktu reguler untuk bisa berolahraga. Begitu saatnya tiba, akan secara otomatis untuk melaksanakannya.

Anda juga dapat membuat ritual untuk menambah semangat berolahraga. Misalnya, luangkan waktu beberapa menit untuk mendengarkan lagu dengan tempo yang cepat, yang pada akhirnya membuat Anda siap untuk aktivitas fisik.

Usahakan bisa menemukan cara untuk menjadikan olahraga seperti kebiasaan sehari-hari, seperti menyikat gigi.

4. Fleksibilitas

Untuk membangkitkan motivasi olahraga, cobalah untuk lebih fleksibel. Rutinitas sangat membantu, tetapi jangan terlalu kaku. Anda tetap bisa menetapkan beberapa kelonggaran.

Anda mungkin berencana joging empat kali seminggu, tetapi akan tiba suatu hari ketika terlalu lelah atau tidak punya waktu. Jika itu terjadi, jangan paksakan. Namun, perlu diingat, jangan sampai kelonggaran yang diberikan itu malah kebablasan.

4 dari 6 halaman

Cara Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

5. Komitmen

Menjadi sehat bukanlah keputusan yang dibuat sekali, tetapi keputusan yang Anda buat setiap hari. Berkomitmen kembali ke tujuan membuat Anda tetap pada jalurnya.

Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk berpikir atau menulis tentang apa yang ingin dicapai hari itu dan bagaimana akan melakukannya. Ingatkan diri sendiri tentang tujuan, dan luangkan waktu untuk menghargai seberapa jauh komitmen itu telah dicapai.

6. Jadikan Olahraga Menyenangkan

Semua daftar di atas akan menjadi percuma jika tidak bisa menikmati berolahraga. Pastikan bisa merasakan bahwa olahraga adalah sesuatu yang menyenangkan.

Jika Anda sudah merasa monoton, luangkan waktu untuk gerakan yang tidak terstruktur dan mengalir bebas. Misalnya berjalan-jalan atau menari mengikuti alunan musik.

5 dari 6 halaman

Cara Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

7. Hadiah

Satu di antara cara menambah motivasi olahraga adalah dengan memberikan hadiah pada diri sendiri. Berjanjilah bahwa Anda akan memberikan hadiah pada diri sendiri setelah bisa mencapai tujuan.

Mungkin Anda bisa menghadiahi diri sendiri dengan pijatan yang menyegarkan tubuh selepas latihan melelahkan.

8. Mengajak Partner

Pada beberapa orang, berolahraga sendiri mungkin tidak begitu menarik. Cara membangkitkan semangat olahraga yaitu dengan mengajak teman dekat atau partner Anda ketika berolahraga.

Dengan cara ini, dapat membantu Anda lebih semangat dan waktu berolahraga menjadi tidak terlalu terasa berat.

6 dari 6 halaman

Cara Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

9. Kombinasikan dengan Hobi

Jika Anda memiliki hobi tertentu, seperti menari atau bermain bola maupun basket, hal ini bisa menjadi pilihan. Ketika tren sepeda sedang hype, tidak harus mengikutinya jika memang tidak menyukainya karena justru hanya dapat menambah beban ketika berolahraga.

10. Persiapkan Alat Olahraga yang Menarik

Jika Anda memilih kegiatan olahraga yoga, mungkin dapat memilih yoga mat sesuai warna dan motif favorit. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih semangat dalam berolahraga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 5/2/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer