Sukses


Cara Menanam Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh Subur dan Enak Dilihat

Bola.com, Jakarta - Tanaman hias gantung bisa menjadi alternatif hiasan di rumah. Kehadiran tanaman hias memiliki sederet manfaat dalam hunian, mulai menghidupkan suasana hingga membuat ruangan lebih segar.

Bagi orang yang tinggal di rumah kecil, biasanya ada keterbatasan lahan untuk halaman. Kondisi tersebut menjadikan keinginan membuat lahan terbuka hijau yang besar hanya ada dalam angan-angan.

Namun, hal tersebut masih bisa diwujudkan dengan cara menggunakan tanaman gantung. Tanaman hias gantung tetap bisa mempercantik teras dan halaman rumah.

Selain itu, menambahkan tanaman gantung dapat menghemat ruang dan tetap bisa menghadirkan kesan hijau.

Untuk menanam tanaman hias gantung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa tumbuh subur. Bagaimana caranya?

Berikut ini rangkuman tentang cara menanam tanaman hias gantung agar bisa tumbuh subur, seperti disadur dari Brilio, Sabtu (5/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Kenali Jenis Tanaman

Sebelum menanam tanaman hias gantung, penting mengenali terlebih dahulu apakah tanaman tersebut dapat ditanam dalam pot gantung atau tidak.

Adapun yang perlu diperhatikan, jangan memilih tanaman dengan akar ekstensif seperti jenis semak. Sebab hal itu dapat merusak pot atau wadahnya.

Nah, agar berkembang secara optimal sebaiknya memilih tanaman bunga tropis yang mampu tumbuh subur dan mekar sepanjang tahun.

Kemudian pastikan memilih tanaman yang tahan panas dan mudah beradaptasi di lingkungan sekitar, seperti tanaman hias lili paris, fuschia, portulaca, begonia, dan banyak lainnya.

3 dari 5 halaman

3. Perhatikan Tali Gantung yang Digunakan

Kali ini, Anda perlu memperhatikan tali khusus untuk menggantungkan tanaman hias gantung. Anda dapat membeli tali pot ini di toko bunga. Pilih tali yang kuat dan bisa menahan berat tanaman beserta potnya.

Sebaiknya hindari menggantung tanaman dengan tali ataupun kawat yang dibuat sendiri, sebab terlihat kurang rapi dan kurang kuat.

4 dari 5 halaman

4. Letakkan di Tempat yang Sejuk

Meletakkan tanaman di tempat yang sejuk dan teduh menjadi satu di antara cara agar tanaman hias dapat tumbuh subur. Sebaiknya, tetap mendapatkan sinar matahari, tetapi tidak terpapar secara langsung.

Jadi, dalam meletakkan tanaman tetap perlu memperhatikan sistem penyinaran ke arah matahari secara rutin yakni, selama 1-2 jam setiap pagi.

Kemudian hindari peletakkan tanaman di tempat yang kerap dilewati agar tidak berbenturan dengan kepala.

5 dari 5 halaman

5. Perawatan yang Intens dan Tepat

Terakhir, yang perlu diperhatikan yakni perawatan pada tanaman hias gantung. Untuk menghindari tanaman hias menjadi layu dan mati, perlu melakukan penyiraman agar terjaga kelembapannya.

Anda juga bisa menggunakan botol semprotan untuk menyemprot daun ataupun bunga. Lakukan pula pemangkasan bila menemukan daun atau ranting yang kering dan mati.

Tak hanya penyiraman dan pemangkasan, tanaman hias juga memerlukan pemupukan demi kelangsungan perkembangannya. Gunakan pupuk NPK atau pupuk kandang dengan cara menaburkannya di media tanam sesuai ukuran dan jenisnya.

 

Disadur dari: Brilio.net (Reporter: Dwiyana Pangesthi. Published: 12/3/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer