Sukses


Contoh-Contoh Hubungan Internasional yang Dilakukan Indonesia, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Di masa sekarang ini, setiap negara pasti memiliki hubungan internasional dengan negara lain. Sebab, akan sulit sebuah negara untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu secara mandiri atau tanpa membutuhkan bantuan dari negara lain.

Sejatinya, sebagai satu di antara negara merdeka, Indonesia pun berhak mengadakan hubungan internasional dengan negara-negara lain di dunia sebagai bentuk peran serta Indonesia dalam pergaulan dunia.

Hubungan internasional ini dilakukan demi memperoleh keuntungan antara kedua negara yang bekerja sama dalam rangka pemenuhan kebutuhan rakyatnya dan kepentingan lain yang berpedoman pada politik luar negeri masing-masing negara.

Bentuk hubungan internasional melingkupi berbagai bidang, misalnya untuk kemajuan dalam bidang ekonomi, politik, keamanan, pendidikan, dan sebagainya.

Ada dua jenis hubungan internasional yang selama ini dikenal, yakni hubungan bilateral dan hubungan multilateral.

Nah, untuk mempermudah memahaminya, berikut ini contoh-contoh hubungan internasional yang dilakukan Indonesia, dikutip dari laman, dikutip dari laman Guruppkn dan Duniapendidikan, Selasa (8/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Hubungan Bilateral Indonesia

- Indonesia dan Amerika Serikat

Kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat sudah lama terjadi bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 1945. Hubungan diplomatik antara keduanya ditandai dengan dibukanya kedutaan besar pada masing-masing negara.

Hubungan bilateral yang terjadi terdapat pada berbagai bidang, seperti bidang politik, pertahanan dan keamanan, perdagangan, investasi, wisata, pembangunan, energi, lingkungan, ketahanan pangan, kemaritiman, pasukan perdamaian, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan dialog antaragama.

Hubungan bilateral yang paling diingat antara Indonesia dan AS mungkin adalah ketika kedua negara ini meluncurkan Indonesia-US Comprehensive Partnership pada 2010.

- Indonesia dan Arab Saudi

Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Hal ini menjadikan Indonesia harus memiliki hubungan bilateral yang baik dengan negara Arab Saudi.

Hal ini dikarenakan satu di antara kewajiban dari umat Muslim ialah pergi melaksanakan ibadah haji yang hanya dapat dilakukan di negara Arab Saudi. Selain itu, umat Muslim setiap bulannya ada yang melaksanakan ibadah umrah di negara tersebut.

Kerja sama Indonesia dan Arab Saudi utamanya memang berkenaan dengan ibadah haji dan umrah. Namun, banyak terjadi kerja sama bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi di bidang lainnya, misalnya yaitu pada bidang pendidikan.

Banyak terjadi pertukaran pelajar antara kedua negara ini. Indonesia dan Arab Saudi juga banyak bekerja sama di bidang pemberantasan radikalisme dan terorisme. Bahaya radikalisme dan terorisme perlu untuk diberantas agar perdamaian dunia dapat terwujud.

3 dari 5 halaman

Contoh Hubungan Bilateral Indonesia

- Indonesia dan Inggris

Inggris merupakan satu di antara negara monarki di Benua Eropa. Hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Inggris banyak terjadi dalam bidang pendidikan dan ekonomi.

Pada bidang pendidikan yaitu dengan banyaknya pertukaran pelajar di antara kedua negara ini. Pada bidang ekonomi, Inggris dan Indonesia banyak memiliki kegiatan ekspor dan impor. Selain itu, terjadi pula investasi dari negara Inggris untuk Indonesia.

- Indonesia dan Jepang

Jepang merupakan satu di antara negara yang pernah menjajah Indonesia selama tiga tahun. Namun, hal ini tidak menghentikan kerja sama antara Indonesia dan Jepang.

Hubungan bilateral antara kedua negara ini berdasarkan pada perjanjian perdamaian di antara republik Indonesia dan Jepang pada April 1958. Perjanjian tersebut membawa dampak baik dan eratnya hubungan antara kedua negara ini.

Terjadi kesepakatan mitra strategis pada 2006 dan perjanjian kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang tahun 2007. Jepang banyak memberikan investasinya terutama pada pengusaha UMKM di Indonesia dan memberikan banyak bantuan pada bidang pendidikan.

- Indonesia dan China

Hubungan bilateral antara negara Indonesia dan China sudah terjadi sejak lama. Terdapat pula sebuah teori di mana nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari China.

Hal ini menyebabkan eratnya hubungan antara kedua negara ini. Kerja sama antara Indonesia dan China lebih banyak berada pada sektor ekonomi, terutama pada bidang perdagangan.

Kedua negara ini saling ekspor dan impor komoditi negaranya masing-masing. Kedua negara ini juga saling membebaskan visa kunjungan dari masing-masing penduduknya.

4 dari 5 halaman

Contoh Hubungan Multilateral Indonesia

- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Indonesia bergabung menjadi anggota resmi PBB pada 28 September 1950 sebagai anggota ke-60. Keterlibatan Indonesia dengan PBB pada masa itu didukung penuh secara bulat oleh para anggotanya.

Indonesia banyak terlibat di dalam kegiatan PBB. Contoh peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB, satu di antaranya yaitu membentuk Kontingen Garuda untuk membantu tegaknya perdamaian di berbagai belahan dunia, dengan bergabung dalam pasukan penjaga perdamaian PBB.

Setidaknya sudah delapan kali Indonesia mengirimkan Kontingen Garuda. Yang pertama kali adalah pada 1957 untuk menjaga perdamaian di negara Mesir.

- Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)

OKI merupakan organisasi internasional yang banyak bergerak di bidang kerja sama negara-negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia. Latar belakang dari berdirinya organisasi ini yaitu terjadinya pembakaran tempat suci umat Muslim, yaitu masjid Al-Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh para fanatik Yahudi dan Kristen di Yerusalem, Palestina.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia ikut serta dalam pendirian organisasi ini bersama 56 negara lainnya. Sudah banyak dampak OKI bagi Indonesia yang negara ini rasakan maka itu Indonesia tetap bergabung dengan OKI hingga saat ini.

5 dari 5 halaman

Contoh Hubungan Multilateral Indonesia

- Asia Pacific Economic Community (APEC)

Satu di antara indikator kemajuan suatu negara ialah kemajuan pembangunan pada sektor ekonomi negara tersebut. Indonesia sebagai satu di antara negara merdeka di dunia tentunya juga harus membangun perekonomian negara ini agar kesejahteraan rakyat Indonesia meningkat.

Satu di antara upaya yang dilakukan Indonesia dalam bidang ini ialah mengadakan hubungan multilateral dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik dalam lingkup APEC. APEC merupakan satu di antara forum kerja sama internasional di dalam bidang ekonomi.

Melalui forum ini, kerja sama ekonomi antara negara di kawasan Asia Pasifik dieratkan sehingga kemajuan bidang ekonomi dapat merata di seluruh kawasan tersebut. Kerja sama ini pada akhirnya meluas pada bidang-bidang lainnya yang masih berkaitan erat dengan bidang ekonomi.

Peran Indonesia dalam APEC cukup vital. Setidaknya Indonesia sudah dua kali menjabat sebagai ketua umum APEC sekaligus tuan rumah KTT APEC.

- G-20

Setelah krisis ekonomi pada 1997 berlalu, Indonesia kembali diterpa krisis ekonomi pada 2007. Hal ini sejatinya disebabkan oleh krisis ekonomi di negara maju yang berimbas kepada negara berkembang, satu di antaranya Indonesia, sehingga menyebabkan dibutuhkannya penanganan menyeluruh dan kerja sama di antara negara-negara di dunia.

Pada 2008, pemerintah Amerika Serikat memiliki inisiatif untuk mengadakan suatu Konferensi Tingkat Tinggi bagi 20 negara di dunia yang terdampak dari krisis ekonomi ini.

Ke-20 negara tersebut selain AS, ialah Indonesia, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Argentina, Meksiko, Rusia, Korea Selatan, Arab Saudi, Cina, Turki, Australia, Brasil, India, dan Afrika Selatan.

Indonesia selaku satu di antara negara berkembang di dalam forum ini memiliki peran yaitu membela kepentingan negara-negara berkembang di dunia.

 

Sumber: Guruppkn, Duniapendidikan

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer