Sukses


7 Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung saat Hamil

Bola.com, Jakarta - Keadaan tubuh wanita hamil bisa dibilang rentan terkena berbagai masalah kesehatan, satu di antaranya adalah keadaan asam lambung yang naik.

Asam lambung naik ketika hamil memang suatu hal yang menyebalkan dan menyita perhatian, terlebih lagi ketika hamil tua.

Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan asam lambung naik pada wanita hamil, yang paling umum terjadi karena perubahan hormon.

Saat wanita sedang hamil, terjadi peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan makanan sulit dicerna sehingga menaikkan risiko asam lambung.

Selain itu, makin tua usia kehamilan, wanita hamil juga rentan memiliki asam lambung yang tinggi. Hal ini diakibatkan tekanan pada saluran pencernaan akibat rahim yang makin membesar.

Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung saat hamil?

Berikut tujuh cara ampuh untuk mengatasi asam lambung saat hamil, yang bisa Anda coba, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (8/3/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Atasi Asam Lambung saat Hamil

1. Makan dengan Porsi Sedikit Namun Lebih Sering

Ibu hamil perlu menghindari makan dalam porsi banyak sekaligus, bila tidak ingin mengalami kenaikan asam lambung. Akan lebih baik jika ibu hamil makan dalam porsi sedikit-sedikit, tetapi lebih sering.

Cara ini akan membantu kondisi perut Anda jadi tidak kosong dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan camilan yang sehat sebagai selingan agar asam lambung Anda tidak naik saat hamil.

2. Makanlah dengan Perlahan 

Saat Anda sedang makan, hindari makan dengan cepat. Cobalah untuk menikmati makanan secara perlahan dan tidak terburu-buru dalam mengonsumsinya.

Cara ini bisa mencegah asam lambung naik saat hamil, sekaligus menghindari Anda dari makan berlebihan yang bisa menaikan berat badan secara signifikan.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Atasi Asam Lambung saat Hamil

3. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Untuk mengatasi asam lambung naik saat hamil, caranya bisa dengan menghindari pemicunya. Singkirkan makanan asam dan pedas, minuman bersoda, ataupun kafein. 

Perhatikan juga buah-buahan yang dikonsumsi, seperti jeruk. Meski rasanya segar, rasa asam pada jeruk bisa memicu asam lambung.

4. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Setelah makan, hindari untuk langsung berbaring. Cara ini berguna untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Dengan begitu, asam lambung naik selama kehamilan tidak akan terjadi.

Usahakan untuk melakukan aktivitas ringan, misalnya berjalan santai atau hanya sekadar duduk menonton televisi atau membaca buku.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Atasi Asam Lambung saat Hamil

5. Berikan Jeda Waktu Makan dengan Waktu Tidur 

Ketika hamil besar, bukan tidak mungkin asam lambung naik saat Anda tidur. Untuk mencegah terjadinya hal itu, sebaiknya berikan jeda antara makan malam dan waktu tidur.

Agar asam lambung tidak naik saat hamil, Anda dianjurkan makan malam setidaknya 3-4 jam sebelum jam tidur malam. 

6. Kenakan Pakaian yang Longgar agar Tidak Menekan Perut

Untuk menghindari asam lambung naik, ibu hamil perlu memperhatikan pakaian yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang longgar, apalagi kalau sudah hamil besar.

Menggunakan pakaian yang ketat bisa memperberat keluhan asam lambung, seperti makin begah dan sesak.

7. Konsumsi Minuman yang Hangat

Untuk meredakan asam lambung saat hamil, cara lainnya bisa dengan konsumsi minuman hangat, misalnya air jahe hangat. Jahe termasuk bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti mual dan begah. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 30/11/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer