Sukses


Cara Melakukan Passing Bawah Permainan Bola Voli dengan Baik dan Benar

Bola.com, Jakarta - Teknik passing bawah dalam permainan bola voli perlu dikuasai oleh para pemain. Sebab, passing bawah merupakan satu di antara teknik dasar dalam permainan bola voli.

Teknik passing bawah biasanya digunakan untuk menerima bola yang datang dan meluncur ke arah bawah.

Teknik passing bawah juga bisa dimanfaatkan sebagai awal mula merancang strategi penyerangan kepada tim lawan.

Agar pemain bisa memberikan bola dengan baik, kamu harus melakukannya menggunakan dua tangan agar operan yang dihasilkan lebih akurat.

Selain itu, kamu juga harus memperkirakan ayunan tangan agar tidak melambung terlalu tinggi serta harus memperhatikan agar bola yang diarahkan tepat ke pemain yang dituju sehingga bisa memenangkan poin.

Mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai passing bawah dalam permainan bola voli. Adapun untuk lebih lengkapnya, berikut pembahasan cara melakukan passing bawah permainan bola voli dengan baik dan benar, seperti dikutip dari laman Penjagaperpus, Jumat (11/3/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Lakukan Passing Bawah

- Sikap Permulaan

Ambil sikap siap normal dalam permainan bola voli, kedua lutut ditekuk dengan badan sedikit dibungkukan ke depan, berat badan menumpu pada telapak kaki bagian depan untuk mendapatkan suatu kesetimbangan labil agar dapat lebih mudah dan lebih cepat bergerak ke segala arah.

Kedua tangan saling berpegangan dengan punggung tangan kanan diletakkan di atas telapak tangan kiri kemudian saling berpegangan.

- Sikap saat Perkenaan

Ayunkan kedua lengan ke arah bola, dengan sumbu gerak pada persendian bahu dan siku betul-betul dalam keadaan lurus. Perkenaan bola pada bagian prosimal dari lengan, di atas dari pergelangan tangan dan pada waktu lengan membentuk sudut sekitar 45 derajat dengan badan, lengan diayunkan dan diangkat hampir lurus.

- Sikap Akhir

Setelah ayunan lengan mengenai bola, kaki belakang melangkah ke depan untuk mengambil posisi siap kembali dan ayunan lengan untuk passing bawah ke depan tidak melebihi sudut 90 derajat dengan bahu atau badan.

3 dari 3 halaman

Kesalahan Umum Melakukan Passing Bawah

  • Pemain yang menerima bola menempatkan posisi tangan terlalu tinggi, kemudian posisi lengan berada di bagian atas bahu.
  • Tubuh pemain dibungkukkan terlalu rendah karena pemain menekuk pinggang. Akibatnya, operan yang diberikan menjadi terlalu rendah dan kencang. Bagian tubuh yang seharusnya ditekuk yaitu bagian lutut.
  • Lengan pemain terpisah secara sesaat, yaitu sebelum, pada saat, atau sesaat sesudah pemain menerima bola. Seharusnya tangan pemain tetap menyatu erat.
  • Bola yang diterima mendarat di daerah lengan dekat siku. Harusnya, bola diterima oleh bagian kepalan tangan.

 

Sumber: Penjagaperpus

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer