Sukses


8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Musim hujan membuat cuaca menjadi dingin dan lembap, yang bisa membuat kulit wajah Anda mengalami berbagai perubahan. Akibatnya, bisa membuat kulit wajah terasa kering atau bahkan pecah-pecah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika kulit wajah Anda mengalami berbagai perubahan. Hal ini wajar dialami ketika memasuki musim hujan.

Anda hanya perlu melakukan beberapa perawatan yang lebih untuk menjaga performa kulit wajah Anda tetap baik di musim hujan.

Untuk mencegah terjadinya masalah-masalah pada kulit wajah Anda, ada beberapa perawatan yang perlu diterapkan.

Cara-cara tersebut bahkan bisa dilakukan dengan mudah untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda di musim hujan.

Berikut ini cara mudah menjaga kesehatan kulit wajah di musim hujan, disadur dari laman Klikdokter, Sabtu (19/3/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Musim Hujan

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan merupakan hal utama dalam perawatan wajah di musim hujan. Hal ini karena udara yang cenderung lembap pada musim ini membuat kulit relatif lebih berminyak.

Untuk menghindarinya, bersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan pembersih yang sesuai jenis kulit. Bila Anda memiliki kulit sensitif, pembersih berbahan dasar tea tree oil, aloe vera, madu, dan rose water bisa jadi pilihan.

2. Gunakan Toner setelah Membersihkan Wajah

Toner ampuh menjaga kulit wajah senantiasa bersih dan bebas jerawat. Cukup tuangkan secukupnya pada kapas, lalu usap dan tepuk perlahan ke kulit. Kotoran yang tertinggal setelah membersihkan wajah dapat terangkat.

Toner juga mampu memberikan kelembapan ekstra sebelum menggunakan produk skincare berikutnya. Dengan begitu, bahan aktif produk selanjutnya dapat meresap sempurna sehingga manfaatnya lebih maksimal.

3 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Musim Hujan

3. Selalu Oleskan Tabir Surya

Sinar matahari di musim hujan tetap mengandung ultraviolet. Dalam jangka panjang, ultraviolet bisa membuat kulit kusam, muncul flek hitam, hingga meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk melindungi kulit wajah dari bahaya tersebut, selalu gunakan tabir surya dengan Sun Protecting Factor (SPF) minimal 25.

SPF yang lebih tinggi dapat dipilih bila aktivitas banyak dilakukan di luar ruangan. Jangan lupa mengoleskannya berulang, apalagi kalau Anda sering berkeringat atau terpapar air.

4. Jangan Lupakan Pelembap

Pelembap merupakan kunci penting bila ingin kulit selalu kenyal dan terlihat segar. Meski di musim hujan udara cenderung lembap, pemakaian pelembap tetap wajib.

Untuk kulit yang cenderung kering, pilih pelembap mengandung minyak jojoba, madu, atau ekstrak almond agar kulit lebih lembap dan bebas iritasi. Sementara, pemilik kulit berminyak dapat memilih pelembap berbahan dasar air dengan kandungan susu, madu, atau lemon.

4 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Musim Hujan

5. Eksfoliasi

Pori-pori tersumbat merupakan satu di antara masalah kulit yang kerap terjadi di musim hujan. Satu di antara cara untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah ini adalah rutin eksfoliasi kulit.

Ada dua cara eksfoliasi, yaitu dengan agen eksfoliator fisik atau kimia. Pilih mana yang cocok untuk kulit Anda dan lakukan secara rutin 2-3 kali setiap minggu. Kulit akan bersih dan bercahaya serta terhindar dari komedo.

6. Hindari Riasan Terlalu Tebal

Satu di antara penyebab pori tersumbat lainnya adalah penggunaan riasan yang terlalu tebal. Meski tidak spesifik berhubungan dengan musim hujan, udara yang dingin kerap membuat Anda lupa membersihkan riasan ini.

Sebaiknya, gunakan riasan yang tipis dan secukupnya sehingga mudah diaplikasikan kembali bila kehujanan. Lalu, jangan lupa bersihkan sampai tuntas setelah selesai beraktivitas.

5 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Musim Hujan

7. Cukup Minum Air Putih

Udara dingin pada musim hujan kerap membuat seseorang tidak merasa haus karena tidak merasa gerah atau kepanasan. Namun, penguapan cairan melalui kulit tetap terjadi. Maka itu, kebutuhan cairan harian harus tetap dipenuhi.

Jangan pernah melupakan air putih bila ingin kulit tetap awet muda. Ingat, 60 persen kulit tersusun dari air. Kalau asupan airnya kurang, kulit juga bisa terancam kesehatannya. Maka itu, Anda dianjurkan setidaknya minum dua liter air setiap hari.

8. Olahraga Rutin

Meski cuaca tidak menentu dan sering tiba-tiba hujan, Anda tetap tidak boleh malas-malasan berolahraga. Selain perawatan dan kecukupan air minum, olahraga penting agar peredaran darah ke kulit wajah tetap lancar dan optimal.

Untuk regenerasi kulit yang baik, kelancaran peredaran darah merupakan kunci utamanya. Maka itu, pastikan Anda selalu meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk bergerak aktif.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/1/2021).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer