Sukses


6 Cara Menjaga Lingkungan di Sekitar Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Bola.com, Jakarta - Kondisi lingkungan di sekitar rumah tinggal yang bersih dan sehat penting bagi kehidupan diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, memiliki lingkungan yang bersih dan sehat di sekitar rumah tinggal akan membuat siapa pun menjadi merasa nyaman dan hati damai.

Namun, jika kita berada di lingkungan yang kotor dan tidak sehat, bisa dengan mudah terjangkit berbagai penyakit.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor dan tidak sehat, seperti malaria, diare, demam berdarah, muntaber, dan hepatitis.

Untuk itu, Anda perlu mewujudkan lingkungan di sekitar rumah tinggal yang bersih dan sehat untuk kesejahteraan hidup bersama.

Bagaimana cara menjaga lingkungan di sekitar rumah tinggal tetap bersih dan sehat?

Berikut ini beberapa cara menjaga lingkungan di sekitar rumah tinggal tetap bersih dan sehat, yang bisa Anda dan anggota keluarga lainnya praktikkan, dilansir dari laman bulelengkab.go.id, Selasa (22/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Lingkungan di Sekitar Rumah Tinggal

1.Buanglah Sampah pada Tempat dan Waktunya

Jangan membiarkan sampah bertebaran di mana-mana tanpa peduli untuk membuangnya di tempatnya. Akan lebih baik jika membuangnya dengan membedakan sampah basah dengan sampah kering, dan sampah organik dan nonorganik.

Sampah organik adalah sampah yang bisa diolah dan dijadikan pupuk, sedangkan sampah nonorganik bisa dimanfaatkan sebagai bahan furnitur tertentu.

2. Buatlah Jadwal Piket

Buat jadwal piket untuk membersihkan rumah. Hal ini penting untuk membiasakan rasa kepedulian antara anggota keluarga pada tempat tinggal. Apabila Anda tinggal di lingkungan yang bersih, Anda akan lebih merasa nyaman untuk tinggal dan terhindar dari penyakit karena kotoran dan debu.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Lingkungan di Sekitar Rumah Tinggal

3. Biasakan Membersihkan Rumah

Kebersihan rumah harus diperhatikan dan Anda bisa mulai dengan memperhatikan area-area yang sering mengalami kontak dengan kita.

Biasakan kita untuk membersihkan kamar, kamar mandi, dapur, halaman rumah, selokan, dan area sekitar rumah secara rutin. Seperti diketahui, lingkungan yang kotor merupakan sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya.

4. Membersihkan Selokan-Selokan

Tujuan dari membersihkan selokan adalah agar air di selokan tidak tersumbat oleh sampah-sampah. Apabila selokan tersumbat akan menyebabkan air menggenang sehingga bisa menimbulkan aroma tidak sedap dan berpotensi menjadi sarang penyakit.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Lingkungan di Sekitar Rumah Tinggal

5. Lakukan Langkah 3M

  • Menutup tempat penyimpanan air.
  • Menguras bak mandi setiap 7 hari sekali.
  • Memanfaatkan kembali barang-barang bekas.

6. Selalu Terapkan 3B

  • Buang sampah di tempat yang sudah disediakan.
  • Bersihkan segala sesuatu yang kotor.
  • Biasakanlah untuk hidup sehat dan bersih.

 

Sumber: bulelengkab.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer