Sukses


Pengertian Pameran Menurut Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Pameran adalah kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga diapresiasi oleh orang lain. Pameran juga disebut sebagai kegiatan untuk menyampaikan sebuah ide melalui karya seni.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pameran adalah pertunjukan (hasil karya seni, barang hasil produksi, dan lain sebagainya).

Pameran merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan sebagai media untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat dalam bentuk karya seni, budaya, pendididkan, produk tertentu, dan lain sebagainya.

Untuk lebih memahami apa itu pameran, bisa mengetahui pendapat beberapa ahli. Selain itu penting juga memahami tujuan, fungsi, manfaat hingga jenis-jenisnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian pameran menurut ahli, tujuan, fungsi, manfaat dan jenis-jenisnya, seperti dilansir dari ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, Rabu (23/3/2022).

2 dari 6 halaman

Pengertian Pameran Menurut Ahli

1. Isabel Briggs Myers

Pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri), dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, serta karya lainnya.

2. Evelina Lidia

Pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

3. Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

Pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

4. Frank William Jefkins

Pameran adalah satu-satunya media pemasaran yang dapat menyentuh semua panca indra manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).

5. Adi Irwanto

Pameran adalah satu di antara cara untuk dapat menyajikan sebuah karya seni secara visual, baik itu karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi.

6. Jefkins

Pameran adalah satu-satunya media periklanan yang menyentuh semua panca indra, seperti mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit.

7. Leorensi

Pameran adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengomunikasikan suatu produk kepada pasar sasaran, untuk memberi informasi tentang keistimewaan, kegunaan, dan yang paling penting tentang keberadaannya untuk mengubah sikap ataupun untuk mendorong orang agar membelinya.

3 dari 6 halaman

Tujuan Pameran

Pada dasarnya tujuan utama pameran adalah untuk menyajikan suatu produk atau karya seni kepada khalayak serta mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan.

Selain itu, adapun beberapa tujuan pameran, sebagai berikut:

1. Tujuan Komersial

Kegiatan pameran untuk tujuan komersial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga para seniman dan penyelenggara memperoleh keuntungan.

2. Tujuan Kemanusiaan

Kegiatan pameran untuk kemanusiaan adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan pelestarian, pembinaan, nilai-nilai, serta pengembangan hasil karya seni budaya yang ada di masyarakat.

Hasil penjualan karya dalam pameran tersebut disumbangkan untuk tujuan kemanusiaan, seperti korban bencana, panti asuhan, dan lainnya.

3. Tujuan Sosial

Kegiatan pameran untuk tujuan sosial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, hasil penjualan tiket maupun produk dalam pameran akan disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial.

4 dari 6 halaman

Fungsi Pameran

Dalam pelaksanaan pameran, terdapat beberapa fungsi yang didapatkan oleh banyak pihak. Adapun beberapa fungsi pameran, sebagai berikut:

Fungsi Edukasi

Fungsi edukasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat untuk mendidik dan melatih masyarakat dalam memahami makna keahlian rohani manusia. Hal ini bermanfaat karena dapat membantu menyeimbangkan ingatan dan pandangan manusia terhadap sekitarnya.

Fungsi Apresiasi

Fungsi apresiasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media dalam menyampaikan inspirasi para seniman sehingga para pengunjung dapat memberikan apresiasi kepada seniman dan karyanya.

Fungsi Prestasi

Fungsi prestasi, yaitu fungsi pameran yang membantu memacu para pencipta seni untuk berprestasi dan menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.

Fungsi Rekreasi

Fungsi rekreasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media untuk relaksasi dan melepaskan diri dari tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras banyak energi dan pikiran.

5 dari 6 halaman

Manfaat Pameran

Setelah memahami tujuan dan fungsi pameran, perlu mengetahui apa manfaat kegiatan pameran. Mengacu pada penjelasan sebelumnya, berikut ini beberapa manfaat pameran:

  • Sebagai sarana bagi para seniman dan pencipta karya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu produk atau karya seni yang berkualitas.
  • Sebagai sarana bagi masyarakat luas untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengapresiasi hasil karya orang lain.
  • Membantu masyarakat luas agar lebih mampu dalam menilai atau mengevaluasi suatu hasil karya secara objektif.
  • Memberikan lebih banyak pengalaman bagi para pencipta produk atau karya seni.
  • Sebagai sarana untuk melatih masyarakat dalam hal merencanakan dan menyelenggarakan suatu kegiatan.
  • Sebagai sarana untuk relaksasi dan penyegaran jiwa.
6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Pameran

Secara umum, pameran dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Mengacu pada pengertian pameran, adapun jenis-jenis pameran, sebagai berikut:

1. Pameran Tetap

Pameran tetap adalah jenis pameran yang menyajikan berbagai karya koleksi, seperti dari Galeri Nasional Indonesia yang dilaksanakan secara periodik.

Hal tersebut berdasarkan konsep kuratorial, di mana penyelenggaraannya dilakukan oleh Galeri Nasional Indonesia. Jenis pameran ini diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya enam bulan sekali atau setahun sekali.

2. Pameran Temporer

Pameran temporer adalah jenis pameran yang dilakukan secara tunggal atau bersama dalam jangka waktu tertentu dengan menampilkan berbagai karya seni rupa.

Pameran tersebut bisa diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerja sama dengan pihak lain. Jenis pameran ini umumnya berlangsung minimal 10 hari dan maksimal 30 hari.

3. Pameran Keliling

Pameran keliling adalah jenis pameran yang menyajikan berbagai koleksi, bisa dari Galeri Nasional Indonesia maupun dari luar yang diselenggarakan ke berbagai daerah di Indonesia atau luar negeri.

Pameran ini diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerja sama dengan pihak lain di mana waktu penyelenggaraannya berlangsung minimal selama 10 hari.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer