Sukses


Manfaat Olahraga Tinju bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Tinju merupakan satu di antara bentuk olahraga bela diri yang dilakukan dua individu dengan badan berat serupa. Dalam olahraga ini, pukulan merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang petinju.

Namun, dalam melakukan pukulan, tidak menggunakan tangan kosong. Dalam olahraga tinju akan dilengkapi sarung tangan khusus.

Adapun tujuan dari olahraga tinju ialah memukul lawan agar mencetak angka dan meraih kemenangan. Maka itu, agar bisa mendapatkan poin, pukulan yang tepat sasaran menjadi kunci keberhasilan bagi para petinju.

Olahraga tinju bisa dilakukan setiap orang dari berbagai usia, baik laki-laki maupun perempuan. Meski gerakan dalam tinju hanya memukul, sebenarnya di balik gerakan-gerakan tersebut terdapat manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Klikdokter, ada berbagai penelitian dan studi telah membuktikan bahwa olahraga tinju sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat olahraga tinju bagi kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (26/3/2022).

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat olahraga tinju bagi kesehatan yang pertama ialah bisa meningkatkan kekuatan. Dengan banyak melakukan gerakan serta latihan pada kedua tangan, latihan tinju dapat menguatkan otot-otot lengan dan bahu sehingga meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas (upper body).

Tidak hanya itu, kuda-kuda dalam bertinju juga 'memaksa' tubuh untuk berdiri tegap, menjaga kestabilan, serta melakukan gerakan dengan cepat guna menghindari pukulan lawan.

Alhasil, kombinasi dari kuda-kuda dan gerakan tersebut memperkuat otot-otot pada inti tubuh (core muscle). seperti perut, punggung bawah, serta paha dan bokong.

Dengan kombinasi otot upper body serta core muscle yang terlatih, tubuh akan menjadi lebih kuat dan keseimbangan juga meningkat.

3 dari 5 halaman

Menyehatkan Jantung

Tinju merupakan jenis olahraga aerobik, yang mampu melatih otot jantung. Dengan melakukan olahraga ini bisa membuat jantung memompa darah ke seluruh bagian tubuh dengan lebih efektif dan efisien.

Kerja jantung tersebut membuat risiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan serangan jantung, stroke serta diabetes melitus menjadi makin kecil.

Kerja jantung yang efektif juga turut mempermudah Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4 dari 5 halaman

Menyehatkan Otak

Olahraga aerobik, seperti tinju, juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Hal itu karena pada saat melakukan olahraga tersebut, otak akan menerima darah dan oksigen lebih banyak daripada biasanya.

Sementara itu, latihan tinju menggunakan padding atau sasaran target juga membantu meningkatkan koordinasi serta fokus. Reaksi antara mata dan tangan menjadi lebih tajam sehingga Anda akan menjadi lebih lincah dan waspada.

5 dari 5 halaman

Menurunkan Berat Badan

Dalam satu jam sesi latihan tinju dengan intensitas sedang, jumlah kalori yang terbakar adalah sekitar 500-800 kalori. Maka itu, olahraga ini sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Dengan berat badan yang proporsional, penyakit metabolik seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung maupun serangan jantung, serta stroke, tidak akan terjadi di kemudian hari.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/3/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer