Sukses


7 Manfaat Terasi bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Terasi merupakan satu di antara bumbu masakan yang banyak digemari masyarakat Indonesia karena miliki aroma dan rasa khas.

Terasi berasal dari udang yang difermentasikan. Biasanya terasi digunakan dalam beberapa masakan, seperti sambal, untuk masak tumis kangkung hingga seafood.

Ternyata terasi kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Melansir Klikdokter, terasi merupakan sumber protein, serta vitamin D dan B serta mengandung sedikit lemak jenuh.

Terasi juga mengandung antioksidan astaxanthin, selenium, fosfor, vitamin B12, dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk mencegah jenis penyakit tertentu.

Berikut ini beberapa manfaat terasi bagi kesehatan yang jarang diketahui, dikutip dari laman Timesfoodie, Kamis (31/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Manfaat Terasi bagi Kesehatan

  1. Terasi mengandung vitamin D dan fosfor. Ini dapat meningkatkan kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan menurunkan risiko patah tulang.
  2. Terasi udang mengandung tryptophan, yang membantu mengeluarkan serotonin, hormon yang meningkatkan mood.
  3. Udang mengandung vitamin B12 dan omega-3, yang meningkatkan fungsi otak.
  4. Terasi rendah kalori dan tinggi protein, ini bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet penurunan berat badan.
  5. Terasi memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan penelitian mengatakan bahwa terasi dapat membantu melindungi gigi dari pembusukan.
  6. Terasi yang dibuat dari udang mengandung sejumlah besar selenium yang memainkan peran kunci dalam mencegah jenis kanker tertentu.
  7. Terasi juga mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin, yang berkhasiat meningkatkan kesehatan kulit sehingga mencegah keriput dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

 

Sumber: Timesfoodie

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer