Sukses


6 Cara Diet yang Aman dan Alami untuk Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Saat Anda merasa memiliki berat badan yang terlalu berlebih, mungkin Anda akan melakukan segala cara untuk menurunkannya, satu di antaranya dengan melakukan diet.

Diet bisa diterapkan dalam berbagai cara, seperti dengan mengurangi asupan kalori dan gula yang punya pengaruh dalam penambahan berat badan.

Siapa saja bisa melakukan diet, tidak terkecuali untuk wanita yang sedang hamil. Saat hamil, wanita biasanya cenderung akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

Sedikit berbeda dengan diet yang dilakukan dalam keadaan normal, diet untuk ibu hamil lebih mengacu pada perbaikan kebiasaan makan dan memastikan nutrisi terpenuhi.

Lantas, bagaimana cara yang aman agar diet bisa dilakukan oleh ibu hamil dan tidak menganggu kesehatan janin?

Berikut enam cara diet yang aman dan alami untuk ibu hamil, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (1/4/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Diet yang Aman dan Alami untuk Ibu Hamil

1. Konsumsi Makanan Sehat

Bagi ibu hamil, makanan terbaik yaitu buah dan sayur. Namun, perlu juga mengonsumsi makanan berkarbohidrat, seperti roti, nasi, sereal, pasta atau oatmeal.

Setidaknya, ibu hamil mengonsumsi 6-11 kali makanan berkarbohidrat. Begitu juga dengan protein, ibu hamil membutuhkan kurang lebih 27 mg protein.

Diketahui, protein sangat penting untuk perkembangan janin. Makanan yang dapat dikonsumsi, seperti daging ayam dan sapi.

2. Mengatur Pola Makan

Makan dalam porsi secukupnya dan disesuaikan dengan kebutuhan. Makan berlebihan saat hamil akan menambah berat badan dan membuat perkembangan janin terganggu.

Hindari makanan setengah matang atau tidak matang terutama daging saat hamil. Tidak hanya itu, sayuran mentah dan setengah matang juga tidak baik dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Cara Diet yang Aman dan Alami untuk Ibu Hamil

3. Konsumsi Camilan Sehat

Memang saat hamil, akan terasa lebih mudah lapar. Ibu hamil dapat mengonsumsi camilan sehat jika mengalami lapar terus-menerus.

Namun, hindari camilan yang mengandung lemak tinggi, seperti cokelat manis, biskuit dengan lemak yang tinggi dan kripik kentang. Ibu hamil dapat menggantinya dengan sandwich, salad buah, atau yoghurt.

Buah dan sayuran juga dapat menggantikan camilan dengan gula yang berlebihan. Perlu diketahui, konsumsi gula berlebih saat hamil dapat menambah berat badan bayi secara signifikan.

4. Olahraga Ringan

Hamil bukan menjadi halangan untuk tidak berolahraga. Ibu hamil dapat menjalani olahraga seperti yoga ibu hamil, berenang, atau sekadar berjalan-jalan santai.

Lakukan olahraga ringan secara rutin dan konsisten. Jika perlu, ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis olahraga.

4 dari 4 halaman

Cara Diet yang Aman dan Alami untuk Ibu Hamil

5. Perbanyak Serat dan Kurangi Gula

Cara diet untuk ibu hamil selanjutnya adalah memperbanyak makanan dengan kandungan serat tinggi. Kacang-kacangan, gandum, beras merah, sayur dan buah-buahan merupakan beberapa makanan diet untuk ibu hamil dengan obesitas.

Sebenarnya, makanan diet untuk ibu hamil dengan obesitas tidak jauh berbeda dengan makanan diet untuk ibu hamil pada umumnya.

Semua ibu hamil pun dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan dan minuman manis guna mencegah peningkatan berat badan yang berlebihan. Cara diet untuk ibu hamil ini pun dilakukan supaya risiko diabetes bisa diminimalkan.

6. Minum Banyak Air Putih

Tips diet ibu hamil selanjutnya adalah minum banyak air putih. Konsumsi air putih tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan tubuh, melainkan juga mencegah dehidrasi.

Bagi ibu hamil yang mengalami diare ataupun sembelit, minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas per hari. Menurut pedoman angka kecukupan gizi tahun 2013, ibu hamil harus meminum air putih sekitar 2,6 liter setiap hari.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Aditya Eka Perwira. Published: 3/12/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer