Sukses


7 Cara Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Ibadah puasa adalah satu di antara kewajiban umat Muslim di seluruh dunia saat bulan Ramadan tiba.

Terkadang, saat menjalani ibadah puasa seseorang dapat mengalami masalah kesehatan seperti penyakit asam lambung naik. Hal ini tentu bisa mengganggu ibadah puasa yang sedang dijalankan.

Penyakit asam lambung naik saat menjalankan ibadah puasa dapat dipengaruhi beragam faktor.

Satu di antara penyebab asam lambung naik saat puasa adalah adanya perubahan keseimbangan kadar asam di perut. Kondisi perut kosong dan tidak ada asupan yang dicerna sehingga dapat memicu naiknya asam lambung.

Jika Anda mengidap penyakit asam lambung dan kerap mengalaminya saat berpuasa, Anda bisa mencoba cara di bawah ini.

Berikut ini beberapa cara mencegah asam lambung saat puasa, dikutip dari laman Healthline dan Mayoclinic, Sabtu (2/4/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

1. Perhatikan Asupan Makanan saat Sahur dan Berbuka

Asam lambung akan mudah naik jika Anda makan sahur dan berbuka dengan makanan yang tidak tepat. Maka itu, penting untuk memilih makanan yang bisa mencegah asam lambung naik seperti, makanan yang pedas, asam, berlemak seperti gorengan, santan, cokelat, minuman bersoda, dan kopi.

Sementara saat sahur, upayakan untuk makan lauk dengan sayuran hijau, seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk menjaga kesehatan lambung. Beberapa jenis sayuran tersebut rendah kandungan asam sehingga mampu meredakan kondisi refluks di perut.

Untuk berbuka puasa, Anda bisa mengonsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu. Minuman ini memiliki sifat antiradang untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya.

2. Perhatikan Porsi Makan

Cara lain untuk mencegah kambuhnya asam lambung adalah memperhatikan porsi makan. Hindari menyantap makanan dalam porsi besar sekaligus. Sebab, mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat membebani kerja organ pencernaan.

Cegah asam lambung naik saat puasa dengan cara mengubah porsi makan jadi sedikit demi sedikit dulu diawali dengan minuman jahe hangat. Setelahnya, lanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang meningkat secara perlahan.

3 dari 5 halaman

Cara Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

3. Kunyah Makanan secara Perlahan

Asam lambung bisa naik karena kebiasaan makan terlalu cepat. Kebiasaan ini biasanya dipicu oleh kondisi lapar setelah seharian berpuasa. Sebaiknya makanlah secara perlahan dan mengunyah makanan selembut mungkin supaya lebih mudah dicerna.

Kebiasaan ini membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD yang dialami.

4. Hindari Terlalu Banyak Minum dan Langsung Tidur setelah Makan

Bila saat makan sahur dan berbuka Anda terlalu sering minum air, ini bisa membuat perut menjadi kembung dan makanan menjadi sulit dicerna. Coba untuk memberi jeda setelah makan sahur atau berbuka untuk minum air.

Lalu, tidak lupa juga untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Sebab, kebiasaan ini hanya akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang Anda konsumsi.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

5. Hindari Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan perlu dihindari pengidap asam lambung saat puasa. Pasalnya, sebagian pengidap asam lambung perutnya cukup sensitif jika minum asupan berkafein.

Selain itu, minuman berkafein dapat membuat pengidap sering kencing sehingga banyak mineral berharga yang dibutuhkan tubuh terbuang selama berpuasa.

6. Berhenti Merokok

Cara mengatasi asam lambung naik saat puasa lainnya yakni berhenti merokok. Merokok dapat memperparah beberapa gangguan asam lambung penderita.

Kebiasaan tidak sehat ini juga dapat memperparah infeksi lambung dan memperburuk luka bisul atau tukak lambung. Mumpung sedang puasa, manfaatkanlah kesempatan ibadah Ramadan untuk latihan mengurangi atau berhenti merokok.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

7. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga berat badan tetap ideal penting untuk mencegah penyakit lambung kambuh.  Saat berat badan Anda naik, struktur otot yang menyokong esofagus bisa menyebar atau mengembang sehingga kinerja otot klep esofagus yang mengatur asam lambung tetap terjaga di perut bisa terganggu.

Kondisi berat badan yang tidak ideal ini menyebabkan asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

 

Sumber: Healthline, Mayoclinic

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer