Sukses


5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

Bola.com, Jakarta - Puasa di bulan Ramadan merupakan satu di antara wujud rasa syukur kita kepada Allah Swt. Selain bermanfaat dalam mendulang pahala, puasa juga memiliki manfaat lainnya, satu di antaranya untuk menjaga kesehatan kulit.

Saat kita melakukan puasa, tubuh kita akan meningkatkan kadar antioksidan yang ampuh untuk menghalau radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan.

Selain itu, kadar antioksidan yang meningkat bisa membantu kita melawan penuaan dini serta menjaga kulit agar tetap sehat dan tidak mudah mengalami keriput.

Namun, agar manfaat tersebut bisa terasa lebih maksimal, Anda dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat serta bergizi saat berbuka dan makan sahur.

Berikut lima manfaat puasa untuk kesehatan kulit, yang patut Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (4/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

1. Menyehatkan dan Mengurangi Tanda Penuaan di Kulit 

Melansir dari The Goan via Klikdokter, berpuasa secara rutin dapat meningkatkan produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan di kulit. Tidak hanya itu aja, antioksidan yang muncul selama berpuasa bisa mencegah jerawat dan komedo timbul.

Selain itu, puasa bisa mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang pada akhirnya dapat membuat kulit menjadi lebih bersih.

2. Meremajakan Kulit

Puasa meningkatkan produksi human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia di dalam tubuh Anda.

Hormon tersebut membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan elastisitasnya sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar. Berpuasa juga dapat membantu meregenerasi sel di dalam tubuh sehingga membuat kulit Anda lebih bercahaya.

3. Detoksifikasi Kulit 

Puasa berfungsi untuk detoksifikasi kulit wajah karena asupan kalori yang berkurang saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan. Jadi, berpuasa membantu kulit menjadi lebih sehat.

Dilansir dari beberapa sumber, detoksifikasi ini juga bisa membantu meredakan kondisi kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

4. Mengurangi Peradangan

Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Nantinya, antioksidan akan bekerja menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan peradangan di kulit.

5. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka 

Puasa diyakini dapat membantu penyembuhan luka kulit lebih cepat dan memperbaiki sel tubuh atau kulit yang rusak.

Diduga, manfaat penyembuhan didapat karena puasa bisa meregenerasi sel dalam tubuh, termasuk di kulit. Ketika sel-sel rusak diganti dengan yang baru atau sehat, proses penyembuhan luka pun berjalan lebih cepat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Publsihed: 16/4/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer