Sukses


Daftar Menu Sehat Buka Puasa yang Cocok untuk Anak

Bola.com, Jakarta - Menjalankan puasa di bulan Ramadan dapat memberikan berbagai manfaat untuk anak. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisiknya, puasa bisa mengajarkan berbagai kebaikan yang bisa dilakukan oleh anak Anda.

Dari segi kesehatan, lantaran harus menahan diri dari lapar dan dahaga maka sistem pencernaannya, enzim, dan hormon pencernaannya ikut beristirahat.

Namun, untuk menjaga tubuh anak tetap sehat selama menjalankan puasa, orang tua perlu memberikan berbagai menu sehat ketika memasuki waktu berbuka dan sahur.

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak masih memiliki aspek tumbuh kembang, di mana mereka membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang.

Selain memberikan anak menu makanan yang sehat dan bergizi, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan mereka yang hilang selama seharian.

Berikut daftar menu sehat buka puasa yang cocok untuk anak, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (12/4/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Menu Sehat Buka Puasa yang Cocok untuk Anak

1. Kurma

Kandungan gula alami pada kurma cukup untuk menggantikan kebutuhan gula selama berpuasa. Kurma juga kaya serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, serat yang terkandung di dalam buah kurma bisa memperlancar saluran pencernaan anak sehingga menjauhkannya dari berbagai gangguan kesehatan, seperti sembelit.

2. Potongan buah segar

Buah segar merupakan hidangan berbuka puasa yang baik dengan segala kandungan vitaminnya. Pilih buah bertekstur lembut dan tidak asam, seperti pepaya, pisang, dan melon, agar mudah dicerna oleh usus.

3 dari 4 halaman

Daftar Menu Sehat Buka Puasa yang Cocok untuk Anak

3. Yoghurt

Produk susu olahan ini kaya akan sumber energi, protein, mineral, dan vitamin. Yoghurt juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan sehingga anak Anda tetap sehat dan nyaman selama puasa.

Berikan campuran buah potong untuk lebih mengenyangkan dan menambah nutrisi dalam menu berbuka anak Anda.

4. Puding

Teksturnya yang lembut tidak akan membuat usus kaget setelah kosong seharian. Berikan puding kesukaan anak Anda dan sertakan buah-buahan untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya. Cetak dalam bentuk yang lucu seperti boneka atau mobil-mobilan untuk menambah selera buah hati Anda.

4 dari 4 halaman

Daftar Menu Sehat Buka Puasa yang Cocok untuk Anak

5. Air kelapa murni

Air kelapa kaya akan mineral yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama anak berpuasa. Dengan minum air kelapa, anak Anda akan terhindar dari badan lemas. Berikan buah hati Anda air kelapa murni yang belum dicampur dengan bahan apa pun.

6. Salad sayur

Untuk mengganti kebutuhan nutrisi selama berpuasa, berikan anak sayur-mayur agar tubuhnya tetap sehat dan bugar, meski telah berpuasa seharian. Berikan potongan daging tanpa kulit dan keju sesuai seleranya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/5/2019)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer