Sukses


Ketahui 4 Manfaat Puasa bagi Anak

Bola.com, Jakarta - Puasa diartikan sebagai ibadah menahan diri untuk tidak makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Menjalankan ibadah puasa bukan hanya dilaksanakan oleh orang dewasa, tetapi bisa dilakukan bagi anak-anak.

Bagi orang tua yang memiliki anak, bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan si kecil berpuasa.

Meski, dalam hukum agama kategori ini memang belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa sejak dini.

Berpuasa selama bulan Ramadan punya manfaat tersendiri bagi anak. Lalu, apa saja manfaat puasa bagi si kecil?

Berikut ini beberapa manfaat puasa bagi anak, dikutip dari laman ditpsd.kemdikbud.go.id, Selasa (12/4/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Puasa bagi Anak

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa bisa menjadi satu di antara cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Riset menunjukkan bahwa puasa selama beberapa waktu dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan membentuk daya tahan tubuh agar lebih kuat.

2. Mencegah Anak Kelebihan Berat Badan

Saat sedang puasa, makan dan minum akan dibatasi sehingga bisa mencegah anak makan berlebihan. Puasa juga meningkatkan metabolisme tubuh pada anak. Hal tersebut bisa membuat anak mengontrol berat badannya dengan lebih baik sekaligus mencegah obesitas.

3 dari 3 halaman

Manfaat Puasa bagi Anak

3. Mengajarkan Anak untuk Disiplin

Sikap disiplin pada anak perlu dibiasakan dan dilatih sejak dini. Satu di antaranya adalah melalui puasa. Menanamkan sikap disiplin akan mengajarkan anak hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Anak juga mampu menghargai dan mengikuti aturan yang ada selama menjalankan puasa.

4. Melatih Anak Mengendalikan Diri dan Bersabar

Sama halnya seperti sikap disiplin, sikap mengendalikan diri dan bersabar juga harus dilatih sejak dini. Satu di antara melalui puasa.

Dalam puasa, anak akan menahan diri agar tidak makan dan minum dari terbit hingga terbenamnya matahari. Menunggu waktu berbuka ini bisa menjadi cara untuk anak belajar displin dan pengendalian diri.

 

Sumber: ditpsd.kemdikbud.go.id

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer