Sukses


4 Manfaat Mengonsumsi Salad saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Bagi warga Indonesia, menu buka puasa pasti tidak jauh dari takjil seperti es buah, kolak, kurma, hingga berbagai jajanan pasar yang bervariasi.

Namun, pernahkah terpikir oleh Anda untuk menjadikan salad sebagai hidangan berbuka puasa? Mungkin hal ini belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya.

Salad mungkin tidak terlalu identik dengan menu berbuka bagi keluarga Indonesia karena salad merupakan makanan khas Negara Barat.

Selain tidak terlalu identik, salad juga belum memiliki banyak penggemar di Indonesia. Padahal, mengonsumsi salad bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan Anda.

Salad buah dan sayur baik untuk menunjang kesehatan tubuh, khususnya untuk menurunkan berat badan.

Berikut empat manfaat mengonsumsi salad saat buka puasa, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (13/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Salad saat Buka Puasa

1. Memperlancar Pencernaan

Buah dan sayur merupakan makanan yang dapat membantu kelancaran saluran cerna. Saat puasa, jangan lupa untuk tetap menjaga asupan buah dan sayur agar Anda tidak mengalami sembelit atau konstipasi.

Serat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat membantu pembentukan feses yang baik sehingga lebih mudah dikeluarkan.

2. Diet Sehat untuk Jantung

Pola makan tinggi sayur dan buah merupakan satu di antara kiat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

Hal tersebut dikarenakan kandungan sehat yang ada di dalam buah dan sayuran, seperti antioksidan yang ampuh dalam menangkal radikal bebas, satu di antara penyebab penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Salad saat Buka Puasa

3. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang dalam program menurunkan berat badan, salad dapat menjadi satu di antara jenis makanan yang perlu Anda masukkan ke menu diet.

Anda dapat makan salad dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Dengan demikian berat badan Anda akan turun secara perlahan-lahan.

4. Menurunkan risiko kanker usus

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang banyak makan sayuran dapat mengalami penurunan risiko terkena kanker usus.

Hal ini karena sayuran dan buah merupakan makanan yang kaya akan antioksidan dan kaya vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, asam folat, lycopene, dan betakaroten. Berbagai hal ini dapat membantu menangkal pertumbuhan sel kanker akibat radikal bebas.

4 dari 4 halaman

Komposisi dan Campuran Salad yang Baik

Campuran salad yang baik akan memiliki komposisi nutrisi yang memadai yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama saat di bulan puasa. Kalau komposisinya tidak tepat, dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan Anda dan akibatnya puasa bisa terganggu.

Berikut ini panduan yang bisa Anda ikuti untuk membuat salad sehat yang bisa melengkapi menu buka puasa Anda:

Gunakan Bahan yang Segar

Untuk membuat salad yang sehat, Anda disarankan untuk menggunakan buah-buahan segar karena memiliki kandungan nutrisi alami yang lebih baik.

Hindari Memakai Buah Olahan

Satu di antara kunci utama membuat salad yang memiliki komposisi yang sehat adalah, jangan menggunakan buah dan sayur yang sudah diolah, seperti buah kaleng dan buah kering. Buah olahan, baik buah kering atau buah dalam kaleng, memiliki kandungan gula yang tinggi.

Hindari Menambahkan Daging Olahan

Masih banyak orang Indonesia yang salah kaprah dalam memakan salad. Demi menambahkan rasa, sebagian penikmat salad menikmati makanan tersebut dengan mencampurkan berbagai tambahan makanan seperti daging olahan berkadar garam tinggi.

Jika Anda ingin menambahkan daging sebagai bagian dalam salad, pilihlah daging dengan kandungan lemak yang rendah, seperti dada ayam rebus  tanpa kulit.

Protein Nabati Bisa Jadi Pilihan

Agar salad yang Anda nikmati  lebih sehat, Anda sebaiknya mengganti daging dengan sumber protein lain, seperti tahu atau kacang. Pilihan ini lebih sehat daripada Anda menambahkan sosis atau daging asap yang tinggi kandungan garam.

Gunakan Dressing Salad yang Sehat

Kesalahan lain juga yang sering dilakukan adalah mencapur salad dengan dressing yang buruk seperti mayones dan taburan keju. 

Dressing semacam ini sangat tinggi kalori, lemak jenuh, dan tinggi sodium. Lebih baik, tambahkan olive oil yang sudah dicampur dengan bawang putih cincang dan air lemon, untuk membuat salad Anda menjadi lebih nikmat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 27/5/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer