Sukses


10 Manfaat Sushi bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sushi merupakan satu di antara makanan khas Jepang yang tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sushi adalah makanan yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk, baik berupa daging, makanan laut, atau sayuran.

Rasa nasi yang masam dan gurih, ditambah lauknya yang segar membuat sushi jadi makanan favorit banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, sushi juga makanan yang menyehatkan.

Mengonsumsi sushi dipercaya bisa mencegah hipertensi. Sebab cuka pada nasinya, mengandung anti bakteri tinggi. Apalagi jika dipadukan dengan ikan yang kaya akan omega 3.

Untuk mengonsumsinya, tidak selalu harus membeli di gerai sushi. Anda bisa mencoba membuat sendiri di rumah karena bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah ditemukan.

Berikut manfaat sushi bagi kesehatan yang tak banyak diketahui, disadur dari Klikdokter, Selasa (19/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Sushi bagi Kesehatan

1. Sumber Protein dan Omega-3

Sushi merupakan sumber protein yang baik. Jika dikonsumsi rutin, makanan khas Jepang ini membantu memperbaiki kerusakan otot.

Selain itu, omega-3 yang terkandung di dalam sushi bisa menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, makanan sushi dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat makan sushi berikutnya adalah menjaga kesehatan otak. Ikan menjadi sumber omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel otak.

Selain itu, kandungan omega-3 di dalam ikan juga dapat meningkatkan konsentrasi dan mempertajam daya ingat.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Mengingat kandungan proteinnya, manfaat sushi yang tidak kalah penting ialah membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Protein di dalam ikan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga menghindari kebiasaan ngemil.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sushi bagi Kesehatan

4. Antiradang

Manfaat sushi berikutnya adalah memiliki efek antiradang. Khasiat ini diperoleh dari wasabi yang digunakan sebagai "teman makan" sushi.

Wasabi merupakan pasta seperti sambal yang terbuat dari tanaman Eutrema japonicum.

Wasabi kaya akan beta-karoten, glukosinolat, dan isotiosianat yang memiliki manfaat antibakteri, antiradang, dan membantu memperkecil risiko kanker.

5. Kaya Mineral

Dalam tradisi makan sushi, acar jahe digunakan sebagai "pencuci mulut" yang menyegarkan di setiap suapan sushi. Acar jahe ikut berkontribusi dalam manfaat sushi.

Jahe kaya akan kalium dan magnesium, serta membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

6. Mengandung Serat

Rumput laut kering atau nori yang digunakan pada sushi menyimpan segudang nutrisi. Tak heran bila bahan makanan ini sering disebut superfood.

Rumput laut kering kaya akan berbagai mineral seperti kalsium, besi, dan iodin, serta vitamin A, C, dan E. Bahan ini juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan menunda lapar.

7. Sumber Potassium

Manfaat sushi lainnya adalah mengandung sumber potassium. Kandungan potassium pada sushi berasal dari salmon.

Ikan ini mengandung potassium lebih banyak ketimbang pisang. Potassium dipercaya baik untuk mengontrol tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko stroke.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sushi bagi Kesehatan

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat sushi bagi kesehatan tulang terletak pada kandungan kalsium di dalam ikan. Ikan merupakan sumber kalsium yang sangat baik.

Mengonsumsi sushi rutin bisa mencegah osteoporosis serta menjaga kesehatan rambut dan kuku.

9. Mencegah Kerutan

Manfaat makan sushi untuk mencegah kerutan dapat diperoleh dari komponen antioksidan di dalamnya.

Antioksidan berperan untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga mempertahankan struktur kulit dan membantu memperlambat penuaan sel-sel kulit.

10. Memperkuat Sistem Imun

Sushi mengandung mineral-mineral lain seperti zink, magnesium, dan fosfor yang penting dalam produksi energi dan imunitas.

Vitamin A, vitamin C, karoten, dan retinol juga ada pada sushi. Ragam kandungan tersebut menjadikan manfaat sushi sangat baik untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan.

Agar manfaatnya semakin optimal, lebih baik hindari sushi yang menggunakan bahan-bahan kurang sehat seperti mayones, ataupun tempura.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 14/12/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer