Sukses


Bacaan Doa Qunut Salat Witir Ramadan, Lengkap dalam Bahasa Latin dan Artinya

Bola.com, Jakarta Ibadah puasa Ramadan sudah memasuki separuh terakhir. Terkait hal itu, ada sejumlah doa yang dianjurkan untuk diamalkan di 15 hari terakhir bulan Ramadan.

BACA JUGA: Pengetian Doa Qunut Yang Perlu Dipahami Umat Islam Serta Ketahui Keutamaannya

Biasanya umat Muslim yang mengikuti pandangan mazhab Syafi’i membaca doa qunut pada rakaat terakhir salat witir Ramadan yang dilakukan setelah salat tarawih.

Doa qunut ini dibaca setelah ruku atau pada saat i'tidal sebelum melakukan sujud. Anjuran membaca doa qunut pada salat witir merujuk pada berbagai riwayat yang sahih.

Satu di antaranya yang menggambarkan tata cara tarawih-witir pada masa khalifah Umar bin Khattab RA.

Tidak hanya itu, pelaksanaan doa qunut pada salat witir juga diperkuat dengan pendapat Hasan bin Ali, cucu Nabi Muhammad saw.

“Kakekku, Rasulullah saw., mengajariku beberapa kalimat yang aku baca ketika qunut dalam salat witir,” (HR. Ibnu Majah).

Adapun bacaan doa qunut yang dibaca saat salat witir, tidak berbeda dengan doa qunut pada umumnya.

Berikut ini adalah bacaan doa qunut salat witir Ramadan lengkap dalam bahasa latin beserta artinya, disadur dari laman Dream.co.id, Selasa (19/4/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Qunut Salat Witir Ramadan

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، وَاسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allahummahdini fiiman hadayt (a) wa ‘aafinii fiiman ‘aafayt (a) wa tawallanii fiiman tawallayt (a) wa baariklii fiiman a’thoyt(a) waqinii syarro maa qodhoyt(a) wallaa yuqdhoo ‘alaik(a) wa innahu laa yadzillu man waalayt(a) walaa ya’izzu man ‘aadayt(a) tabaarakta robbanaa wa ta’aalayt (a) wa astagfiruka wa atuubu ilaik (a), wa shallallâhu ‘alâ sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam".

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana Engkau memberikan petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan sebagaimana Engkau memberikan keselamatan (kepada selainku), rawatlah aku sebagaimana Engkau merawat orang lain, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau menakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Doa Qunut

1. Memberikan Petunjuk

Doa qunut mengandung petunjuk. Dalam kalimat yang berbunyi “Allahummahdinii fii man hadaiit”, yang bermakna permintaan seorang petunjuk kepada Allah Swt.

Petunjuk tersebut dapat berupa berbagai bentuk. Seperti meminta untuk diberikan ilmu yang bermanfaat atau petunjuk dalam melakukan kebaikan kepada sesama.

2. Mendapatkan Perlindungan dan Keselamatan

Kalimat di dalam doa qunut “Wa’aafinii fii man ‘afaiit”, bermakna memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah Swt. Hanya Allah Swt., sebaik-baik penolong tempat memohon perlindungan.

Ini juga berarti betapa Maha Pengasih Allah Swt., terhadap hamba-hamba-Nya. Untuk itu mohonlah perlindungan dan keselamatan bukan hanya di dunia namun juga di akhirat kelak.

3. Mendapatkan Berkah

Kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit”, yang bermakna memohon keberkahan atas segala nikmat yang telah diberikan. Hal tersebut menjelaskan bahwa Allah Swt., selalu memberikan kebaikan dan keberkahan kepada setiap hambanya.

 

Disadur dari: Dream.co.id, (Penulis: Dwi Ratih. Published: 26/4/2021).

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer