Sukses


11 Manfaat Mengagumkan Biji Selasih untuk Kesehatan, Hidangan Segar saat Berbuka Puasa

Bola.com, Jakarta Biji selasih menjadi satu di antara bahan makanan yang sering ditemui saat bulan puasa. Biasanya biji selasih dicampurkan dengan es buah atau jus.

Biji selasih didapatkan dari tanaman selasih yang masih satu keluarga dengan kemangi. Biji ini akan berubah menjadi kenyal jika dicampurkan dengan air.

Tidak hanya sebagai hiasan, biji selasih bisa membuat minuman menjadi lebih nikmat, karena teksturnya yang kenyal seperti jelly.

Tidak hanya menyegarkan dan membantu menghilangkan dahaga saat berbuka puasa, biji selasih ternyata juga memiliki manfaat untuk keseahtan tubuh kita.

Banyak yang percaya biji selasih merupakan alternatif pengganti untuk biji chia. Biji chia kaya akan kandungan protein, serat, dan omega-3, di mana beberapa kandungan tersebut juga ada di biji selasih.

Berikut 11 manfaat mengagumkan biji selasih untuk kesehatan, hidangan segar untuk berbuka puasa, sepeti disadur dari Klikdokter, Rabu (20/4/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Biji Selasih untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Usus

Sebuah studi menunjukkan bahwa pektin memiliki manfaat prebiotik. Hal ini berarti, kandungan pektin di dalam biji selasih dapat memelihara dan meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

2. Tinggi Zat Besi

Di dalam biji selasih mengandung zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, biji-bijian kecil berwarna hitam ini bisa menjadi sumber zat besi dan kalsium bagi orang yang tidak mengonsumsi daging atau produk susu.

3. Kaya Serat

Biji selasih merupakan sumber makanan yang kaya serat. Sebagian besar serat di dalam biji selasih adalah serat larut, termasuk pektin.

Manfaat biji selasih adalah dapat mencukupi kebutuhan serat harian. Sebab, di dalam 1 sdm biji selasih mengandung 7 gram serat yang bisa mencukupi 25 persen dari rekomendasi harian.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Biji Selasih untuk Kesehatan

 

4. Membantu Menurunkan Kolesterol

Biji selasih punya manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebab, pektin bekerja dengan menghambat penyerapan zat kolesterol di dalam usus. Orang yang makan 30 gram (7 sendok teh) biji selasih setiap hari selama satu bulan mengalami penurunan total kolesterol sebanyak delapan persen.

5. Kaya Antioksidan

Biji selasih kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Flavonoid berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa tanaman selasih juga memiliki sifat antiinflamasi dan antikanker.

Beberapa studi menghubungkan asupan tinggi flavonoid dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Dalam studi lainnya, ekstrak biji selasih ditemukan bisa membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh.

6. Kaya Mineral

Satu sendok makan biji selasih menyediakan 15 persen kebutuhan harian kalsium serta 10 persen kebutuhan harian untuk magnesium dan besi. Anda perlu tahu, kalsium dan magnesium penting untuk kesehatan tulang dan fungsi otot.

7. Menurunkan Stres Oksidatif

Tingginya radikal bebas di dalam tubuh dapat memicu stres oksidatif yang dapat memengaruhi metabolisme. Untuk mengatasi stres oksidatif, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan, seperti biji selasih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Biji Selasih untuk Kesehatan

8. Sumber Lemak Omega-3

Kebutuhan asam lemak omega-3 kira-kira sekitar 1.100 mg atau 1.600 mg per hari. Mengonsumsi satu sendok biji selasih per hari sudah dapat mencukupi kebutuhan asam lemak omega-3.

Pasalnya, di dalam satu sendok biji selasih rata-rata mengandung 2,5 gram lemak. Dari total lemak ini, sekitar setengah atau 1.240 mg per sendok makannya adalah asam alfa-linolenat (ALA) atau lemak omega-3.

 

9. Membantu Kontrol Gula Darah

Menurut penelitian, pengidap diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 10 gram biji selasih selama sebulan setelah makan mengalami penurunan kadar gula darah.

Kadar gula darah peserta yang mengonsumsi biji selasih ditemukan 17 persen lebih rendah dibandingkan di awal penelitian.

10. Membantu Menjaga Kesehatan Hati 

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi selasih dapat membantu menjaga kesehatan organ hati. Selasih dianggap memiliki potensi untuk mencegah kerusakan organ hati.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat biji selasih yang lain adalah menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini di kulit. Anda bisa mendapatkannya dengan rutin mengonsumsinya setiap hari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 4/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer